Flanker Baru Segera Hadir – Mungkin seperti Su-40

Mengapa Su-35 Tidak Akan Menjadi Varian Terakhir dari Desain Fighter Paling Prolesif Rusia?

Pada tahun 2014, Rusia memasukan varian paling canggih dari pesawat tempur Su-27 ‘Flanker’ miliknya ke dalam layanan, pesawat tempur superioritas Su-35 ‘4 ++ generation’ dan pesawat tempur Su-34. Pesawat ini menunjukkan teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan desain asli yang telah memasuki layanan 29 tahun sebelumnya.

Su-35 khususnya, sejak saat itu, mendapat perhatian yang cukup besar di luar negeri, baik dari Blok Barat, yang telah memenuhi induksinya dengan banyak kekhawatiran karena kemampuannya yang maju, maupun pihak ketiga, yang banyak dari mereka berpihak ke Barat, yang telah melakukan pencarian untuk mendapatkan jet tempur canggih untuk armada udara mereka sendiri.

Su-57 (Sputnik)
Su-57 (Sputnik)

Sementara Su-35 dielu-elukan sebagai lambang desain Flanker, pesawat tempur generasi kelima Su-57 siap tempur sepenuhnya, yang akan melayani Angkatan Udara Rusia di unit interim.

Menilik sifat Su-57, terutama di desain pesawat tempur generasi keenam, kemungkinan platform ini tidak akan masuk dalam jumlah besar selama lebih dari satu dekade sampai teknologi masa depan dikembangkan, berarti bahwa badan pesawat Flanker akan sangat diandalkan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Su-35 (Jane)
Su-35 (Janes)

Dilansir oleh Lancer Defense dari laman Military Watch Magazine (6/ 7), Seperti halnya Su-35, platform ini memiliki ruang yang cukup untuk peningkatan lebih lanjut dengan teknologi generasi berikutnya untuk memungkinkannya lebih baik ketika bersaing dengan jet tempur elit generasi kelima yang didukung oleh rival powers – yaitu F-22 Raptor AS dan J-20 China.

Masih ada kemungkinan signifikan bahwa varian Flanker lebih lanjut akan dikembangkan berdasarkan pada desain Su-35, keduanya untuk meningkatkan kemampuan perang udara Rusia dan untuk ekspor.

Salah satu teknologi terkemuka yang dapat dipadukan oleh Flanker di masa depan adalah siluman, dengan India dan Uni Emirat Arab yang sama-sama menunjukkan minat untuk mendapatkan jet tempur siluman Rusia berdasarkan teknologi yang ada. Mirip seperti Boeing yang memodifikasi F-15E menjadi F-15SE Silent Eagle, varian dari heavy fighter dengan kemampuan stealth yang terbatas, demikian pula Su-35 berpotensi dimodifikasi untuk memberikan frontal stealth – kemungkinan besar di bawah penunjukan baru seperti sebagai Su-42.

Sementara teknologi siluman juga bisa membuat Flanker menarik untuk ekspor, doktrin Rusia secara tradisional belum memberi penekanan kuat pada kemampuan tersebut.

MiG-35 1
MiG-35 (Istimewa)

Sejumlah next technologies yang dikembangkan untuk Su-57 (yang saat ini sedang diintegrasikan ke pesawat tempur MiG-35) mungkin akan dilihat pada desain Flanker masa depan yang digunakan oleh Angkatan Udara Rusia.

Mungkin dua teknologi generasi kelima yang paling menonjol, yang kemungkinan akan digunakan oleh MiG-35 untuk membuatnya menjadi jet tempur next generation, yang tidak dimiliki Su-35, adalah radar active electronically scanned array (AESA).

Radar ini memungkinkan jet tempur untuk beroperasi dengan considerably reduced radar signature, dan platform rudal canggih yang dirancang untuk Su-57, yang merupakan platform generasi keempat high end yang disatukan.

K-77M Missile
K-77M model (Istimewa)

Misil udara-ke-udara K-77, dengan jangkauan 193km dan teknologi canggih active phased array antenna (APAA) untuk tingkat presisi yang belum pernah terjadi sebelumnya bahkan pada jarak ekstrim, hanyalah satu contoh – jauh lebih canggih daripada R-77 yang kurang akurat dan bahkan R-27ER, rudal udara ke udara jarak jauh yang paling canggih yang di-deploy oleh Su-35 dan jet tempur yang lebih tua dengan jangkauan masing-masing 110km dan 130km.

Rudal jelajah Kh-38M dan Kh-36 Grom, yang dirancang untuk Su-57 dan MiG-35, juga berpotensi di-deploy oleh varian Flanker baru di masa depan. Teknologi thrust vectoring yang lebih canggih serupa dengan yang digunakan oleh jet tempur yang lebih modern juga cenderung digunakan oleh varian Flanker baru.

Sistem infra red search and track (IRST) canggih yang dikembangkan untuk Su-57 juga berpotensi diintegrasikan ke platform baru.

Sama seperti pesawat tempur superioritas udara J-11D ‘4 ++ generation’ yang ditetapkan untuk deploy teknologi generasi kelima yang canggih, termasuk misil PL-15 dan PL-12D yang dirancang untuk J-20, demikian pula Rusia kemungkinan akan dimasukan ke varian Flanker baru menggunakan sistem yang lebih canggih daripada Su-35 saat ini.

Flanker baru yang dilengkapi sensor radar dan infra merah terbaru, rudal udara ke udara, rudal jelajah, serta avionik terbaru kemungkinan besar akan menjadi salah satu jet tempur paling cakap di dunia – dengan varian ekspor yang berpotensi menerapkan teknologi siluman.

Su-37 Air Superiority Fighter Prototype (Istimewa)
Su-37 Air Superiority Fighter Prototype (Istimewa)

Sebutan Su-37 dan Su-39 yang masing-masing sudah diambil oleh prototipe pesawat tempur superioritas udara dan jet serang lanjutan, Su-40 atau Su-41 bisa menjadi sebutan potensial untuk varian Flanker baru.

Pada akhirnya, Su-35 adalah jet tempur yang mampu (capable fighter), teknologi yang lebih canggih telah dikembangkan sejak desainnya diselesaikan dan terus ditingkatkan untuk Su-57.

Mengingat biaya yang relatif rendah dari varian Flanker yang lebih maju, baik untuk mempertahankan dan mengembangkan, serta keandalan dan ke-serbaguna-an airframe, induksi varian Flanker baru yang lebih canggih melebihi Su-35 dalam kemampuan superioritas udaranya adalah sangat mungkin.

Photo: Jet tempur Su-35 (Istimewa)

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Flanker Baru Segera Hadir – Mungkin seperti Su-40”

  1. Biarin….tak macem kau yg cuma punya daster satupun tak pernah dicuci bertahun-tahun, hhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s