TNI AL Akan Bangun Skadron Udara 700 dengan UAV ScanEagle

TNI AL sedang membangun skuadron pesawat tanpa awak baru untuk melakukan pengawasan dalam memenuhi kebutuhan Angkatan Laut.

Dilansir dari laman Janes (12/ 07), Sumber TNI AL mengungkapkan bahwa skuadron baru akan dikenal sebagai Skadron Udara 700 (Skuadron Penerbangan 700) dan akan bermarkas di Juanda Surabaya. Peralatan pertama yang dioperasikan oleh Skadron Udara 700 akan mencakup pesawat tanpa awak (UAV) surveillance Insitu ScanEagle.

Indonesia saat ini sedang mempersiapkan diri terkait pengiriman empat unit UAV Insitu ScanEagle dan peralatan terkait, dari pemerintah AS. UAV merupakan hibah pemerintah AS di bawah program pembangunan kapasitas untuk angkatan laut Asia Tenggara yang dikenal sebagai Maritime Security Initiative (MSI).

Program MSI pertama kali diungkapkan oleh iterasi sekretaris pertahanan AS Ashton Carter pada 2015 Dialog Shangri-La di Singapura. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan maritim mitra Washington di kawasan ini: Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Vietnam. Filipina menerima pengiriman enam ScanEagle UAV, yang telah dikirimkan sebagai bagian dari program MSI, pada Maret 2018.

Paket MSI Indonesia secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan patroli maritim negara, intelijen, pengawasan, integrasi pengintaian, dan kapasitas pemeliharaan peralatan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa Jakarta memiliki kapasitas yang memadai untuk melindungi wilayah maritim dan sumber daya ekonomi, dan berkontribusi terhadap keamanan dan stabilitas regional, menurut catatan pada program MSI yang dipublikasikan di situs web pemerintah AS.

Photo: A ScanEagle UAV, similar to the one that will be operated by the Indonesian Navy’s Skadron Udara 700. Source: Boeing 

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “TNI AL Akan Bangun Skadron Udara 700 dengan UAV ScanEagle”

  1. TERLALU SERINGNYA USA MONDAR MANDIR DI LAUT DAN UDARA NKRI MAKA PERLU MEMBELI ALAT USA SUPAYA TIDAK TERJADI KESALAH FAHAMAN. SAAT MEDETKSI MUSUH

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s