AL China Kirim Kapal Mata-mata ke Perairan Dekat Hawaii

Kru berjaga di atas kapal milik Angkatan Laut China. (AFP)
Kru berjaga di atas kapal milik Angkatan Laut China. (AFP)

AL China telah mengirimkan sebuah kapal khusus mata-mata ke Samudra Pasifik di perairan dekat wilayah Hawaii untuk memantau latihan militer Rimpac yang dipimpin AS.

Dilansir dari laman Kompas (15/ 07), Rimpac merupakan pelatihan angkatan laut internasional terbesar di dunia yang digelar rutin setiap dua tahun sekali selama bulan Juni hingga Juli.

Pada penyelenggaraan tahun 2018 ini, di bulan Mei lalu, AS telah membatalkan undangan untuk China sebagai sanksi atas tindakan militerisasi yang dilakukannya di LCS dan telah meningkatkan ketegangan di wilayah itu.

Namun demi tetap mendapatkan informasi terkait pelaksanaan latihan militer, AL China mengirimkan kapal intelijen kelas Dongdiao, yang juga pernah dikirim untuk mengawasi latihan serupa pada 2014 dan 2016.

Pakar militer China, yang berbasis di Beijing, Li Jie, mengatakan, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan informasi melalui saluran komunikasi selama berlangsungnya latihan. Kendati demikian, tindakan China dengan mengirimkan kapal mata-mata tidak menyalahi aturan internasional, selama kapal tetap menjaga jarak dan berada di wilayah perairan bebas.

Menurut Li, adalah hal yang wajar bila suatu negara mengirim kapal mata-mata atau pengawas untuk memantau latihan militer yang dilakukan negara lain.

“Apa yang dilakukan kapal China adalah tindakan yang legal di bawah hukum internasional, selama dapat menjaga jarak setidaknya 12 mil laut (sekitar 22 kilometer),” kata Li.

Juru bicara Armada Pasifik AS, Kapten Charlie Brown mengatakan, pihaknya telah melaporkan keberadaan kapal pengintai China di jarak 200 mil dari wilayah Hawaii sejak Rabu (11/ 07).

“Armada Pasifik AS telah memantau keberadaan kapal mata-mata China yang beroperasi di luar sekitar Hawaii, di luar wilayah teritorial laut AS,” kata Brown, pada Jumat (13/ 07), dikutip SCMP. “Kami hanya berharap kapal tersebut tetap berada di luar wilayah teritorial AS dan tidak mengganggu latihan Rimpac yang sedang berlangsung,” tambahnya.

Brown menambahkan, armada AS telah mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk melindungi informasi penting tidak bocor selama berlangsungnya latihan.

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “AL China Kirim Kapal Mata-mata ke Perairan Dekat Hawaii”

  1. Kasian, kagak đi aja maen perang perangăn. Kayanya mao bikin tandingan (Mungkin namanya bukan RIMPAC tapi Rimnopac :Rim north pacific) anggotanya China, rusia, north Korea, Pakistan, Venezuela.

    Suka

  2. Mbah juga mo bikin RIM, RIM-an…RIMBECAK

    Anggotanya pengenjot becak asal ndremayu…nanti sampe disini akan langsung diberikan pelatihan “Oke Ngonthel”, biar ga gampang capek, hhh

    Suka

  3. Btw kenapa vietnam ga ikut rimpac ya? Apa mereka ga mau nyari ribut dgn tetangganya gara” ikut rimpac?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s