Lanud El Tari Kupang Masuk Dalam Perencanaan Peningkatan Tipe

Pangkoopsau III Marsekal Muda TNI Tamsil Gustari Malik menyatakan, Pangkalan Udara El Tari Kupang masuk dalam perencanaan peningkatan tipe dari tipe B saat ini menjadi tipe A.

Perihal ini disampaikan Tamsil Gustari Malik kepada wartawan dalam kunjungan kerjanya pada Minggu (15/ 07) di VIP Room Lanud El tari Kupang, sebagaimana dilansir dari laman Tribunnews (15/ 07).

Menurut Pangkoopsau III, saat ini baru dua pangkalan udara di wilayah komando operasi III (wilayah Timur) yang memperoleh peningkatan tipe menjadi tipe A melalui Keppres yaitu Lanud Jayapura dan Lanud Manuhua Biak.

“Saat ini untuk Koopsau III baru dua (lanud) yang ditingkatkan statusnya yaitu Biak dan Jayapura. Memang dalam perencanaan itu (Lanud El Tari) masuk, namun akan dilihat kepentingan dalam waktu dekat. Untuk Kupang sendiri juga sudah masuk dalam perencanaan,” ujarnya.

Terkait cepat atau lambatnya waktu eksekusi peningkatan tipe, Pangkoopsau III menjelaskan akan dipertimbangkan berdasarkan konstelasi ancaman dan perspektif kewilayahan.

“Dalam waktu dekat atau lama, kita lihat konstelasi ancaman dan perspektif dari selatan timur utara.”

Menurutnya, posisi Lanud El Tari Kupang sangat strategis sebagai Lanud perbatasan sehingga pemerintah akan mempertimbangkan secara bertahap.

“Karena hubungan kita dengan Australia yang cukup baik selama ini, kita menjadi pangakalan terdepan untuk perbatasan di wilayah selatan. Sehingga masuk dalam konsep, namun pemerintah kan tidak secara bersamaan langsung (meningkatkan tipe), tetapi akan dilakukan secara bertahap,” lanjutnya.

Photo: F-16 TNI AU di Lanud El Tari Kupang. (Istimewa)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s