Data Rahasia Rudal Hipersonik Rusia Diduga Bocor ke Pihak Barat

FSB Rusia menggeledah fasilitas lembaga penenelitian luar angkasa, Roskosmos, terkait dugaan kebocoran data rahasia rudal hipersonik ke mata-mata dari negara Barat.

Surat kabar Rusia Kommersant melaporkan, sekitar 10 staf Roskosmos di fasilitas TsNIIMash dicurigai terlibat dan tengah diperiksa.

Selain TsNIIMash, FSB juga menggeruduk kantor United Rocket and Space Corporation di Moskow, sebagaimana dilansir dari laman I News (20/ 07).

Sebenarnya proyek rudal hipersonik ditangani oleh perusahaan Tactical Missile Arms, tapi TsNIIMash juga ikut mengembangkan, bahkan lebih intensif. TsNIIMash merupakan badan di bawah Roskosmos yang berkantor pusat di Korolyov, Moskow.

Jika terbukti bersalah, pelaku bisa dikenakan pasal kejahatan pengkhianatan tingkat tinggi.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa kebocoran ini datang dari karyawan TsNIIMash. Para kepala akan ditindak. Pastinya kasus ini tidak akan berakhir hanya dengan pemecatan,” kata seorang sumber dekat FSB, kepada Kommersant, Jumat (20/ 07).

Pada Kamis (19/ 07), Rusia merilis video dari dua rudal hipersonik terbaru yang diberi nama Kinzhal dan Avangard. Kedua rudal ini dapat membawa hulu ledak nuklir. Rudal hipersonik mampu melesat lima kali lebih cepat dari kecepatan suara atau 5 mach.

Kementerian pertahanan Rusia dalam siaran videonya menyatakan, rudal tersebut merupakan generasi terbaru dari peluru kendali nuklir. Rudal ini bisa diluncurkan dari pesawat pengebom, fasilitas peluncuran darat, dan kendaraan.

Presiden Putin pada Maret lalu memaparkan pencapain baru negaranya dalam membuat rudal generasi terbaru, termasuk Kinzhal yang dapat melesat dengan kecepatan 12.000 kilometer per jam dengan jangkauan 2.000 km. Kinzhal sudah digunakan di pesawat tempur MiG-31 atau Tu-22M3 saat berpatroli di atas Laut Kaspia.

Photo: MiG-31 membawa rudal hipersonik Kinzhal saat demo terbang di atas Red Square, Moskow. (AFP)

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Data Rahasia Rudal Hipersonik Rusia Diduga Bocor ke Pihak Barat”

  1. Gak heran data rahasia sampai bocor, lha wong sales topnya aja sekarang malah sibuk ngerjain borongan masang waring di kali item kok….hhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s