Penambahan Pesawat Tempur di Lanud Tarakan Tergantung Situasi

Kedatangan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna menjadi kesempatan bagi Pangkalan Udara (Lanud) Tarakan untuk berbenah.

Seperti diketahui, Lanud Tarakan menjadi salah satu aset pertahanan TNI AU di perbatasan utara Indonesia yang sangat strategis menjaga kedaulatan negara di udara, sebagaimana dilansir dari laman Prokal (23/ 07).

Keberadaan Lanud Tarakan juga sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang. Seperti pembangunan shelter untuk mendukung keberadaan pesawat tempur.

Namun, harapan agar Lanud Tarakan bisa mendapatkan dukungan pesawat tempur yang standby setiap saat, masih harus menunggu waktu.

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna mempertimbangkan berdasarkan kondisi ancaman. “Lihat situasi, kalau misalnya itu tergantung ancaman, apa dan sebagainya,” ujar alumni Akademi Angkatan Udara 1986 ini, di sela meninjau kegiatannya di RSUD Mantri Raga, Minggu (22/ 07).

Yuyu Sutisna memang tidak memungkiri perlu dilakukan pertahanan yang kuat untuk menjaga pulau-pulau terluar, termasuk di Tarakan.

Namun, upaya yang bisa dilakukan saat ini hanya mengawasi melalui patroli secara rutin. Sedangkan untuk penempatan pesawat tempur, masih menyesuaikan perkembangan situasi.

Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga masih memperimbangkan nama Lanud Tarakan. Menurutnya, Anang Busra belum menjadi nama resmi Lanud Tarakan. Begitu juga sebelumnya, Suharnoko Harbani. “Belum, belum resmi itu. Nanti masih kita kaji,” tutur mantan Wakil Kepala Staf TNI AU ini.

Status Lanud Tarakan saat ini sudah naik dari Tipe C menjadi Tipe B, yang dipimpin perwira menengah AU berpangkat kolonel. Dia adalah Kolonel Pen Mochammad Arifin. Lanud Tarakan juga sudah mampu didarati pesawat tempur hingga jenis sukhoi. Beberapa kali pesawat canggih itu dilibatkan kegiatan operasi di perbatasan.

Photo: T50 Golden Eagle Skuadron 15 Pangkalan Udara Iswahyudi Madiun melakukan atraksi di Lanud Tarakan, Minggu (22/ 07). (Johanny Silitonga/Radar Tarakan)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s