Jet Tempur Futuristis Inggris Harus Kompatibel dengan F-35

Jenderal Tod Wolters, komandan pasukan Angkatan Udara AS dan NATO di Eropa. REUTERS
Jenderal Tod Wolters, komandan pasukan Angkatan Udara AS dan NATO di Eropa. (REUTERS)

Jenderal Angkatan Udara AS di Eropa mengatakan, penting untuk memastikan bahwa setiap jet tempur futuristis Inggris kompatibel dengan jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin. Alasannya, Inggris merupakan sekutu di keanggotaan NATO.

Jenderal Tod Wolters, komandan pasukan Angkatan Udara AS dan NATO di Eropa, mengatakan kepada wartawan melalui teleconference bahwa dia telah menyaksikan peluncuran program pengembangan jet tempur baru Inggris, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (26/ 07).

Program jet tempur yang diberi nama “Tempest” diluncurkan minggu lalu di Farnborough Airshow di luar London.

Wolters mengatakan, para pejabat dari kedua negara telah membahas kemampuan tempur di udara oleh pesawat itu pada masa lalu. Mereka menyepakati perlunya sistem baru bisa yang bisa bekerja dengan senjata yang ada.

“Salah satu bahan utama yang harus masuk ke sistem futuristis adalah untuk memastikan bahwa itu dapat dioperasikan dengan sistem yang ada dan tentu saja sistem yang Inggris pegang,” katanya, mengacu pada armada jet tempur F-35 yang sudah dimiliki Inggris.

“Ketika Inggris memutuskan untuk maju dengan sistem yang dapat disebut Tempest, kami berharap bahwa itu akan dapat diinteroperasikan mungkin dengan sistem besar yang baru saja mereka peroleh, F-35B,” katanya, dikutip Reuters, Kamis (26/07/2018).

Jenderal Wolters yakin bahwa Inggris sangat memperhatikan masalah ini, yang dia sebagai masalah “kritis”.

Inggris menyatakan, pihaknya sedang mencari mitra internasional untuk program jet tempur futuristisnya tersebut. Saat ini Inggris sudah berdiskusi dengan Swedia, Jepang dan negara lain untuk pengembangannya.

Wolters mengesampingkan pertanyaan apakah Amerika Serikat juga akan mengambil peran dalam program jet tempur Inggris tersebut atau tidak sama sekali.

Dia mengumumkan rencana untuk membawa pesawat radar-evading atau generasi kelima AS ke Eropa dalam beberapa bulan mendatang. Tujuannya, untuk melanjutkan upaya mengintegrasikan kemampuan pesawat tersebut dengan pesawat generasi kelima yang dioperasikan oleh sekutu NATO, dan dengan senjata generasi keempat yang lebih tua di Eropa.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Jet Tempur Futuristis Inggris Harus Kompatibel dengan F-35”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s