Korsel Kirim Jet Tempur Cegat Pesawat China

F-15K Korsel ambil bagian dalam latihan perang Max Thunder dengan AS. (AFP)
F-15K Korsel ambil bagian dalam latihan perang Max Thunder dengan AS. (AFP)

Korea Selatan (Korsel) mengerahkan beberapa jet tempur untuk mencegat pesawat China yang masuk ke zona pertahanan udara negara itu, Jumat (27/ 07/ 2018).

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) mengungkap bahwa pesawat China terbang selama lebih dari empat jam di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Korea (ADIZ), setelah terbang di dekat pulau batu, wilayah yang masih menjadi sengketa dua negara, dikutip dari laman Reuters.

Pasukan Pertahanan Korsel mengirim lebih dari satu jet tempur untuk melacak serta memberikan peringatan kepada pesawat itu untuk segera pergi, sebagaimana dilansir dari laman I News (27/ 07).

Sejauh ini China belum memberikan komentar terkait insiden ini.

Zona wilayah ADIZ sebenarnya tidak mengikat di bawah perjanjian internasional. Korsel memperluas wilayahnya pada 2013 sehingga tumpang tindih dengan wilayah yang diklaim China.

China melakukan ekspansi sampai ke pulau batu terendam bernama Leodo, yang saat ini masih dikontrol Korsel dengan membangun stasiun penelitian.

Ini bukan insiden pertama pesawat China masuk zona ADIZ. Pesawat militer China masuk ke zona ini pada Februari dan April lalu.

Pada Februari, Korsel memanggil duta besar China untuk mengajukan protes, namun China menyatakan pesawat itu terbang di sesuai dengan praktik dan hukum internasional.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s