Polinema Siapkan Riset Alutsista

Polinema Siapkan Riset Alutsista
Polinema Siapkan Riset Alutsista (Malang Post)

Polinema bersama Divisi Kostrad akan bersinergi mengembangkan riset khususnya alat utama sistem persenjataan (alutsista). Mengikuti digitalisasi, tak menutup kemungkinan divisi kostrad dapat bersinergi untuk pengembangan alutsista otomasi.

“Alustista otomasi dan komunikasi di bidang pertahanan dapat menjadi riset bersama. Ini adalah peluang jangka panjang dalam hal pengembangan SDM,” ujar Pembantu Direktur 1 Polinema, Supriatna Adhisuwignjo ST MT kepada Malang Post (26/ 07).

Pada setiap bidang terdapat permasalahan yang memerlukan kolaborasi riset, beberapa bidang yang terkait pertahanan alutsista sesuai perkembangannya tak lagi manual. Mulai dari komunikasi dan sistem data, membutuhkan keamanan tinggi terkait sandi. Maka sistem otomasi, robot untuk pertempuran dan mata-mata kedepan juga dibutuhkan.

“Saat ini perkembangan teknologi hasil riset diakomordir pada pertahanan dan keamanan Indonesia. Sebagai SDM yang berlatarbelakang IPTEK, kolaborasi tersebut menjadi ruang tersendiri di industri pertahanan yang juga dapat dimasuki oleh dosen,” tegas Supriatna.

Selama ini ketergantungan dengan teknologi luar seperti menggunakan perangkat impor masih terjadi di Indonesia. Sehingga dibutuhkan peningkatan produk berteknologi dari hasil sinergitas antara civitas politeknik dan divisi kostrad yang sudah mendapat pengakuan internasional.

“Prioritasnya adalah memanfaatkan teknologi yang telah dikuasai dan tenaga vokasi Polinema berpeluang mengambil kesempatan itu,” tuturnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s