Militer AS dan China Akan Bertemu Bulan September 2018

Kru berjaga di atas kapal milik Angkatan Laut China. (AFP)
Kru berjaga di atas kapal milik Angkatan Laut China. (AFP)

Meski ketegangan masih membayangi, militer China dan Amerika Serikat (AS) sepakat menggelar pertemuan kesehatan regional angkatan bersenjata pada bulan September.

Kerjasama keduanya ini merupakan hal yang menarik di tengah perang dagang yang sengit dan dukungan AS terhadap Taiwan serta keberatan AS atas aktivitas China di Laut China Selatan yang menjadi sengketa sejumlah negara, sebagaimana dilansir dari laman Tribunnews (27/ 07).

Kerjasama ini merupakan tanda positif masih adanya itikad dari kedua negara untuk terus menjalin hubungan baik.

China sendiri memuju kunjungan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis bulan lalu ke Beijing dan akan mengirimkan Menteri Pertahanan-nya Wei Fenghe ke Washington tahun ini.

Juru bicara Kementerian Pertahanan China Ren Guoqiang mengatakan bahwa kedua negara akan bersama-sama mengadakan Pertukaran Kesehatan Militer Asia Pasifik atau Asia Pacific Military Health Exchange di kota Xian di China dari 17 hingga 21 September.

Sekitar 600 orang akan berpartisipasi, dengan para pejabat militer dari 28 negara, termasuk Singapura dan Thailand, serta para pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Palang Merah dan Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara datang, tambahnya.

Di acara tersebut, angkatan bersenjata China akan memamerkan peralatan baru yang digunakan untuk tujuan medis, seperti pesawat dan kendaraan, katanya.

Hubungan keduanya sempat meregang lantaran pengenaan tarif serta penarikan diri Angkatan Laut AS dari latihan militer bersama zona Pasifik atau RIMPAC bulan Mei lalu.

Menurut Kementerian Pertahanan China aksi menarik diri dari RIMPAC merupakan langkah tidak produktif dan tidak menunjukkan rasa saling percaya.

Pentagon membalas dengan mengatakan penarikan undangan itu sebagai tanggapan terhadap apa yang dilihatnya sebagai militerisasi pulau-pulau di Laut Cina Selatan.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s