Destroyer ‘Improved Atago-class’ Diluncurkan

Jepang meluncurkan kapal pertama dari dua unit destroyer Improved Atago-class untuk Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) pada 30 Juli.

Dinamakan Maya (pennant number 179), kapal sepanjang 170 m itu memasuki perairan di fasilitas Japan Marine United (JMU) Corporation di Yokohama dan diharapkan dapat ditugaskan pada Maret 2020, sebagaimana dilansir oleh Lancer Defense dari laman Janes (30/ 07).

Kapal tersebut akan menjadi kapal JMSDF ketujuh yang dilengkapi dengan Sistem Tempur Aegis.

Platform ini 5 m lebih panjang dari destroyer Atago-class. Maya akan menggunakan Aegis Baseline J7 yang didukung oleh radar AN / SPY-1D-series besutan Lockheed Martin.

Kapal yang dibangun dengan menghabiskan anggaran sekitar JPY168 miliar (USD1,51 miliar), akan menampilkan sistem Cooperative Engagement Capability (CEC) yang dikembangkan AS, yang akan memungkinkannya bertindak sebagai bagian dari ‘jaringan’ sensor dan platform senjata yang lebih luas, yang memungkinkan kapal-kapal lain yang dilengkapi CEC untuk berbagi informasi pengawasan dan penargetan.

Dengan kemampuan ini, kapal dapat bertukar data dengan platform yang dilengkapi dengan sistem yang sama untuk melawan ancaman seperti yang ditimbulkan oleh rudal balistik Korea Utara.

Maya memiliki standard displacement sebesar 8.200 ton, kira-kira 400 ton lebih besar daripada Atago-class. Didukung oleh dua turbin gas General Electric LM2500 dalam konfigurasi combined gas turbine-electric and gas turbine (COGLAG), platform ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 30 kt.

Kapal, yang memiliki awak sekitar 300, juga dilengkapi dengan multifunction towed array (MFTA) sonar system dan kemampuan peperangan elektronik (EW).

Improved Atago-class akan mampu meluncurkan Standard Missile 3 (SM-3) Block IIA ballistic missile interceptor.

Seorang juru bicara Departemen Pertahanan (Dephan) di Tokyo mengatakan kepada Jane bahwa meskipun kapal itu juga mampu mengerahkan rudal-rudal pertahanan udara Missile 6 (SM-6), masih belum jelas apakah mereka akan dimasukkan dalam peralatan kapal.

Photo: apan launched on 30 July the first of two Improved Atago-class destroyers on order for the JMSDF. Source: Kosuke Takahashi 

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Destroyer ‘Improved Atago-class’ Diluncurkan”

  1. jd lawanberatnya destroyer china type 055,…sayang ny punya jepang sptny gak dilngkapi tomahawk, atau rudal jelajah sjenis buat ngimbangi punya cina. Jd msh agak timpang improved atago vs 055

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s