Surat Intelijen yang Bocor Menguak Eksistensi 1.000 Mata-Mata Malaysia

Bendera Malaysia (AFP)
Bendera Malaysia (AFP)

Badan Intelijen Malaysia (MEIO) mempekerjakan lebih dari 1.000 personel di seluruh dunia, demikian menurut isi surat korespondensi antara MEIO dengan CIA yang bocor ke publik baru-baru ini.

Dilansir dari laman Liputan6 (1/8), korespondensi surat itu terjadi pada Mei 2018 lalu, pada masa kepemimpinan Kepala MEIO Datuk Hasanah Abdul Hamid di bawah pemerintahan Perdana Menteri Najib Razak.

Kini, Hasanah sudah tak lagi menjabat sebagai pemimpin MEIO sejak Mahathir Mohamad menjabat sebagai perdana menteri Malaysia yang baru.

“Saya tidak berwenang untuk mengatakan berapa banyak agen, petugas dan operasi yang dikelola oleh MEIO. Tetapi saya dapat memberitahu Anda bahwa agensi memiliki lebih dari 1.000 (personel) di seluruh dunia, dan penting bahwa kebocoran seperti itu seharusnya tidak terjadi,” kata Datuk Shaharudin Ali, pengacara mantan kepala MEIO Datuk Hasanah Abdul Hamid menjelaskan duduk perkara tentang insiden kebocoran tersebut, seperti dikutip dari The Star Malaysia, Rabu (1/8/2018).

Kebocoran itu terjadi pada Juli 2018. Pihak yang membocorkan belum diketahui.

Shaharudin mengatakan, Hasanah khawatir bahwa kepercayaan dan kredibilitas MEIO akan terpengaruh oleh insiden kebocoran surat tersebut. Dia menambahkan bahwa Hasanah juga cemas tentang keselamatan dan moral para perwira MEIO.

Pengacara Hasanah itu juga mengatakan bahwa MEIO memiliki sumber intelijen rahasia di seluruh dunia dan informasi yang disediakan dikumpulkan, dianalisis dan dilaporkan kepada Perdana Menteri dan Kabinet, Special Branch, Intelijen Militer dan lain-lain.

Kini, Shaharudin mendesak Kepolisian Malaysia untuk menyelidiki pihak yang membocorkan surat tersebut ke publik.

Sang pengacara juga mengatakan bahwa kebocoran itu harus berfungsi sebagai peringatan bagi pentingnya menjaga kerahasiaan korespondensi antar intelijen demi keselamatan negara.

“Polisi harus menyelidiki siapa yang berada di belakang kebocoran karena tidak hanya melanggar keamanan nasional tetapi juga melibatkan masalah disiplin dan etika pegawai negeri,” katanya.

MEIO merupakan salah satu bagian dari badan intelijen rahasia nasional Malaysia yang didirikan pada tahun 1960-an. Badan intelijen itu telah berkontribusi banyak untuk keamanan nasional Malaysia. Ini termasuk menyelesaikan ancaman komunis, konfrontasi dengan Indonesia, konflik regional, dan yang paling baru, ancaman ISIS.

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Surat Intelijen yang Bocor Menguak Eksistensi 1.000 Mata-Mata Malaysia”

  1. Ini pasti ulahnya ken arok aka bidadarisemit2000 aka darma99 aka munarif reborn….yg ceroboh, sok-sokan mamerin kartu anggota spion….spion betjak, hhh

    Suka

  2. nurdin m top & dr. azhari salah satu anggota MEIO sptnya?????? spesialis sabotase keamanan negara tetangga dgn kamuflase agama.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s