China Akan Sumbangkan Kapal Perang Untuk Sri Lanka

Type 053H2G frigate (WIKI)
Type 053H2G frigate (Wiki)

China berniat mendonasikan sejumlah kapal perang kepada Sri Lanka. Pemberian alutsista tersebut sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengaruh militernya di kawasan Indo-Pasifik.

Dilansir dari laman Kompas (2/ 8), donasi fregat atau kapal berukuran sedang kepada Sri Lanka tersebut diumumkan perwakilan militer China, Kolonel Senior Xu Jianwei, saat kunjungan ke kedubes di Colombo pekan lalu.

“Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China juga akan memberikan berbagai pelatihan pada militer Sri Lanka dan membangun kompleks auditorium di Akademi Militer Sri Lanka,” kata Xu, pada Senin (30/07/2018) lalu, seperti dilaporkan harian Colombo Gazette.

Tidak ada rincian mengenai spesifikasi maupun jumlah kapal perang yang bakal disumbangkan China kepada Sri Lanka.

Meski demikian, para pakar dan analis militer China meyakini bahwa kapal perang yang didonasikan kemungkinan besar merupakan kapal korvet tipe C28A atau C13B. Kemungkinan lainnya adalah kapal perang fregat tipe 053 yang belum lama ini dipensiunkan oleh Angkatan Laut China. Ketiga tipe kapal perang tersebut merupakan yang paling umum diekspor ke negara-negara lain, seperti ke Aljazair, Bangladesh dan Pakistan.

“Ada kemungkinan China akan memberi satu atau dua (kapal) lagi,” kata Zhou Chenming, pengamat militer China di Beijing. “Kapal-kapal perang jenis itu tidak akan membuat banyak perbedaan pada keseimbangan militer regional saat ini di Asia Selatan.” “Kapal-kapal tersebut nantinya akan lebih banyak digunakan untuk mengatasi aksi pembajakan di wilayah perairan Sri Lanka,” tambahnya.

Sebelumnya, pada Minggu (29/07/2018) pekan lalu, militer China juga telah mendonasikan sejumlah peralatan perangnya kepada Filipina.

Dikonfirmasi juru bicara Angkatan Laut Filipina, Komandan Jonathan Zata, Beijing telah menyumbangkan empat kapal kecil untuk patroli kepada Filipina.

Selain empat unit kapal patroli, China turut memberikan ribuan senjata, termasuk peluncur granat roket kepada Filipina.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “China Akan Sumbangkan Kapal Perang Untuk Sri Lanka”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s