Jepang dan Yunani Gelar Pembicaraan Kerjasama Perdagangan Pertahanan dan Teknologi

Jepang dan Yunani telah mengadakan pembicaraan awal terkait kerjasama perdagangan pertahanan dan teknologi, dengan maksud untuk kemungkinan mendukung ekspor Jepang ke negara Eropa.

Dilansir dari laman Janes (3/8), Seorang juru bicara dari Badan Akuisisi, Teknologi & Logistik Kementerian Pertahanan Jepang (ATLA) mengatakan pada Jane tanggal 2 Agustus bahwa kedua negara telah “saling bertukar pandangan tentang peralatan pertahanan dan kerjasama teknologi pada [a] tingkat kerja”.

Laporan di Jepang pada akhir Juli mengatakan Yunani telah menyatakan minatnya terhadap pesawat US-2 amphibious search-and-rescue (SAR).

Koran Nikkei Asian Review melaporkan bahwa Jepang ingin memulai negosiasi dengan Yunani tentang potensi penjualan. Menurut laporan itu, Yunani ingin mendapatkan “beberapa lusin” pesawat US-2, yang akan dilengkapi dengan tangki air dan digunakan terutama dalam operasi pemadaman api.

Namun, juru bicara ATLA mengatakan Jepang dan Yunani belum membahas platform dan teknologi spesifik dan bahwa Tokyo “tidak ada rencana spesifik” untuk mengekspor US-2 ke Yunani.

Di masa lalu Jepang telah melakukan diskusi dengan India dan Indonesia tentang potensi ekspor pesawat US-2 SAR. Thailand juga telah menyatakan minatnya pada platform tersebut.

Peluang terbesar untuk penjualan itu kemungkinan adalah Angkatan Laut India, untuk 12 pesawat US-2 dengan perkiraan USD1,6 miliar. Jepang dan India telah terlibat dalam pembicaraan tentang penjualan potensial pesawat selama beberapa tahun. Penundaan telah dikaitkan dengan aturan pengadaan dan diskusi yang rumit di India tentang transfer dan offset teknologi.

Angkatan Laut India berencana untuk secara langsung mengimpor dua pesawat US-2 dan merakit, kemudian melakukan lisensi pembangunan 10 unit lainnya bekerja sama dengan produsen India dari sektor swasta.

Photo: ShinMaywa US-2 (Airplane Pictures)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s