Perancis Dapat Mengganti Bagian AS dalam Rudal SCALP untuk Menghindari Pembatasan ITAR

Mesir masih bisa menerima rudal jelajah MBDA SCALP dari Prancis, jika menerima penundaan sementara komponen yang diproduksi AS, yang diganti dengan buatan Perancis.

Dilansir Lancer Defense dari laman Janes (3/8), Menjawab pertanyaan tentang ekspor senjata di Majelis Nasional negara itu, Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly mengatakan bahwa keputusan Amerika Serikat untuk menggunakan Perjanjian Perdagangan Internasional dalam Peraturan Senjata (International Trade in Arms Regulation/ ITAR) untuk memblokir penjualan air-launched land-attack cruise missile ke Mesir dapat dielakkan jika bagian yang dibangun di dalam negeri digunakan sebagai gantinya, tetapi ini membutuhkan waktu.

“Dalam hal ini, kami tidak akan mampu mencabut larangan AS terkait penjualan rudal SCALP [ke Mesir]. Satu-satunya hal yang dapat kita lakukan adalah MBDA membuat investasi dalam penelitian dan pengembangan untuk dapat memproduksi komponen serupa yang tidak tercakup oleh ITAR, ”kata Parly selama sesi tanggal 4 Juli.

“Kami dapat melakukannya untuk SCALP/ Rafale Mesir sejauh rudal baru dapat dibangun dengan penundaan yang masuk akal, meskipun pelanggan mungkin mengalami penundaan ini terlalu lama,” tambahnya, tanpa menghitung panjang penundaan.

Sebagaimana dicatat oleh Parly dalam jawabannya, masalah peraturan ITAR tidak hanya mempengaruhi penjualan rudal SCALP ke Mesir, tetapi juga Dassault Rafale yang akan membawanya.

Kairo ingin menambah 24 pesawat yang telah dibeli dari Paris dengan 12 pesawat lagi, dengan platform tambahan yang dilengkapi dengan rudal SCALP. Menurut laporan, pemerintah Mesir tidak akan menandatangani kontrak pembelian pesawat baru kecuali rudal dimasukkan.

Photo: The SCALP land-attack cruise missile seen in a non-operational orange colour scheme as part of a wider Rafale weapons package. US parts in the missile have triggered ITAR restrictions on it being sold to Egypt. Source: IHS Markit/Patrick Allen

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s