Tanker Saudi Menjauh dari Laut Merah

Sebuah foto yang dirilis pada 25 Juli menunjukkan bahwa tanker Saudi Arsan tertembak di bagian buritan. Saudi Press Agency
Sebuah foto yang dirilis pada 25 Juli menunjukkan bahwa tanker Saudi Arsan tertembak di bagian buritan. (Saudi Press Agency)

Tiga kapal tanker pengangkut minyak mentah (VLCC) Saudi yang menuju Laut Merah berkerumun di luar Oman dan mematikan transponder AIS mereka, menunjukkan bahwa penangguhan pengiriman minyak kerajaan melalui Selat Bab al-Mandab diperkirakan tidak akan berlangsung lama.

Aramco Saudi mengumumkan pada 25 Juli bahwa “sementara menghentikan semua pengiriman minyak melalui Bab al-Mandab dengan segera” setelah dua VLCC Saudi yang membawa minyak mentahnya diserang oleh pemberontak Yaman di Laut Merah pada hari sebelumnya, sebagaimana dilansir dair laman Janes (2/8).

Data maritim IHS Markit menunjukkan bahwa tiga kapal tanker berbendera Saudi (Hawtah, Khuzama, dan Marjan) telah memuat minyak mentah di Juaymah dan sedang menuju ke Ain al-Sukhna ketika penangguhan diumumkan. Ketiganya terus berlayar menuju selat Bab al-Mandab sampai pagi 29 Juli, ketika mereka semua mengubah arah dan menuju ke pelabuhan Oman selatan, Salalah.

Mereka tidak berlabuh di Salalah, tetapi berhenti di perairan internasional di sebelah selatan pelabuhan dan menghilang dari AIS, mungkin karena mereka mematikan transponder mereka sehingga gerakan mereka tidak dapat dilacak.

Ini menunjukkan bahwa pemerintah Saudi percaya itu lebih ekonomis bagi para tanker untuk menunggu pencabutan penangguhan daripada berlayar di sekitar Afrika untuk mengantarkan kargo mereka ke pelanggan Mediterania.

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Tanker Saudi Menjauh dari Laut Merah”

  1. Jng ikut campur,negara kita ini non blok anti kolonialisme

    Jd komentar jg harus netral,non blok

    1000 friend & 0 enemy

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s