Rahasia Jet Tempur F-35 Inggris Bocor

Pengiriman pesawat tempur F-35B milik Angkatan Udara Inggris, yang dikirim dari Marine Corps Air Station Beaufort di Amerika Serikat menuju pangkalan baru RAF Marham, Inggris, 6 Juni 201
Pengiriman pesawat tempur F-35B milik Angkatan Udara Inggris, yang dikirim dari Marine Corps Air Station Beaufort di Amerika Serikat menuju pangkalan baru RAF Marham, Inggris, 6 Juni 2011 (Istimewa)

Jet tempur F-35 Inggris dilaporkan bocor setelah seorang hacker meretas akun aplikasi kencan Tinder milik staf perempuan Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris. Si peretas, melalui akun itu, merayu staf pria untuk memberikan informasi jet tempur siluman canggih kebangaan NATO tersebut.

Trik peretas itu mirip dengan aksi “perangkap madu” yang kerap digunakan para agen mata-mata untuk memperdaya target dengan rayuan, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (6/8).

RAF mengonfirmasi kepada Mail Online perihal bocornya beberapa informasi rahasia tentang pesawat F-35 ke pihak ketiga. Menurut RAF, peretas mengambil alih akun Tinder staf perempuan RAF dan digunakan untuk kontak online dengan staf pria RAF.

Setelah insiden itu, RAF memperingatkan kemungkinan serangan online lebih lanjut.

“Dalam minggu terakhir, seorang anggota RAF yang melayani memiliki akun kencan online diretas. Setelah itu terungkap, pelaku kemudian mencoba untuk berteman dengan anggota lain RAF untuk mendapatkan komentar dan rincian tentang F-35,” bunyi memo internal RAF.

“Untungnya, sedikit informasi yang diungkapkan dan individu yang akunnya diretas melaporkan masalah ini dengan segera, yang memungkinkan tindak lanjut dan penyelidikan secara cepat,” lanjut memo RAF.

“Kendati demikian, insiden ini berfungsi untuk menyoroti risiko rekayasa sosial (SE) dan pengintaian online terhadap profil media sosial yang mengungkapkan tautan ke Pasukan HM (Pasukan Inggris).”

Tidak diketahui siapa yang bertanggung jawab atas peretasan akun kencan Tinder staf perempuan RAF. Namun, memo RAF menyiratkan bahwa kekuatan asing mungkin bertanggung jawab atas aksi itu.

“Perlu dicatat bahwa postur militer Inggris, kebijakan dan kemampuannya terus menjadi target penting yang menarik bagi negara yang bermusuhan dan aktor non-negara,” imbuh memo RAF, yang dilansir Senin (6/8/2018).

Insiden itu terjadi hanya beberapa minggu setelah Inggris menerima pengiriman empat jet tempur F-35 pertamanya pada 7 Juni. Inggris sepakat akan membeli 138 pesawat jet tempur siluman generasi kelima Amerika Serikat (AS) tersebut.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Rahasia Jet Tempur F-35 Inggris Bocor”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s