Jika Kontrak Efektif, Dua Unit ‘Flanker E’ Tiba Tahun Depan

Kehadiran Sukhoi Su-35 Flanker E dari Rusia masih menunggu efektivitas kontrak pembelian. “Apabila Agustus ini kontrak efektif, maka 2019 akan datang dua unit. Kalau tidak efektif, kemungkinan mundur,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan, Brigadir Jenderal TNI Totok Sugiharto, di Jakarta, Kamis.

Flanker E digadang-gadang akan menggantikan F-5 E/F Tiger II di Skuadron 14 TNI AU yang berpangkalan di Pangkalan Udara TNI AU Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. Wacana penggantian ini sudah berjalan sejak lima tahun lalu, sebagaimana dilansir dari laman Antara (9/8).

Saat itu, “kontestan” yang disebut-sebut adalah F-16 Block 60/70 (Lockheed-Martin, Amerika Serikat), JAS-39 Gripen (SAAB Swedia), Eurofighter Typhoon (Airbus Defence, Eropa Barat), dan Sukhoi Su-35 (KNAAPO, Rusia).

Di dalam negeri, sejumlah “persiapan” digalang Kementerian Pertahanan dengan sejumlah kementerian terkait meski terlihat dinamika di lapangan yang menyoal langkah pemerintah itu.

Menurut pemerintah, penandatanganan kontrak pembelian Flanker E dengan persenjataan lengkap sudah dilaksanakan pada Februari lalu. Kementerian Pertahanan tidak secara resmi mengumumkan hal itu kepada pers pada saat itu.

Akan tetapi, Sugiharto menepis informasi yang menyebut Amerika Srikat berusaha menekan Indonesia agar tidak membeli Sukhoi Su-35 dari Rusia.

“Kita tidak ada musuh, kita baik dengan Amerika. Kita juga beli Hercules. Kita juga baik dengan Rusia dan negara-negara lainnya. Jadi kita tidak punya musuh,” katanya.

Ia memberi ilustrasi soal ini, dalam waktu dekat Indonesia berencana membeli 5 unit pesawat angkut berat C-130J Hercules buatan Lockheed-Martin, Amerika Serikat. Berbeda dengan benda pertahanan lain, C-130J Hercules bukanlah arsenal yang mematikan.

Photo: Su-35 MAKS 2017 (Jacek Siminski)

Editor: (D.E.S)

Iklan

11 tanggapan untuk “Jika Kontrak Efektif, Dua Unit ‘Flanker E’ Tiba Tahun Depan”

  1. KALIAN SEMUA KOMENTAR NEGATIF, EH MUNDUR LEBIH BAIK DARIPADA “BATAL” TAU GX??? NEGARA GX MAJU2 NYALAHKAN TENTARA GIMANA SIH? SALAHIN TUH RAKYAT AMA DPR YANG MENGHAMBAT KEMAJUAN BANGSA, DPR KORUPSI, RAKYATNYA MUDAH DIBODOHI…

    TENTARA GX ADA HUBUNGANNYA AMA KEMUNDURAN

    Suka

  2. Santai saja bun @Adinna… mereka2 memang begitu, kalau ada berita yang rada2 miring langsung mereka menyerbu… santai saja, toh mau seperti apapun tetap saja dibeli… dan ga mungkin beli C/D bekas kok…

    Suka

  3. tinggal nunggu tanda tangan….menteri perindustrian & perdagangan.maka kelar nich urusannye.jlimet,ribet…brebettt.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s