Inggris Berencana Jalin Kerja Sama dengan AS dalam ‘Tempest’

Inggris berencana untuk bekerja sama dengan industri AS dalam mengembangkan konsep jet tempur next-generation Tempest, menurut menteri pertahanan Inggris.

“Kami memiliki tradisi besar dalam menghasilkan jet tempur terbaik di dunia, memiliki kemampuan berdaulat nasional, dan kami tidak akan pernah mau menyerahkan itu,” kata Gavin Williamson kepada audiens pada 7 Agustus di Atlantic Council think tank di Washington. “Dalam hal kerja yang sebenarnya dengan mitra internasional, kami sangat terbuka untuk itu,” sebagaimana dilansir dari laman Janes (8/8).

Williamson mengumumkan konsep Tempest pada pertengahan Juli di Farnborough International Airshow Inggris. Tim Tempest saat ini terdiri dari BAE Systems, Leonardo, MBDA, dan Rolls-Royce.

Inggris menginginkan Tempest business case pada akhir tahun, keputusan investasi akhir tahun 2025, dan pesawat terbang pada tahun 2035.

Amerika Serikat adalah rumah bagi perusahaan jet tempur terkemuka Lockheed Martin dan Boeing. Lockheed Martin mengembangkan F-35 Lightning II Joint Strike Fighter generasi kelima (JSF), mengembangkan F-22 Raptor generasi kelima, dan mendukung F-16 Fighting Falcon sementara Boeing mendukung F-15 Eagle. Kerajaan Inggris adalah mitra dalam program F-35.

Sudah ada kepentingan internasional dalam Tempest.

Jepang telah mendekati Inggris untuk berpartisipasi, memiliki “pertukaran pendapat” tentang kemungkinan proyek tempur udara bersama. Jepang sedang mencari jet tempur untuk menggantikan Mitsubishi F-2 milik Angkatan Pertahanan Diri (JASDF).

Photo: Tempest new fighter jet (IHS)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Inggris Berencana Jalin Kerja Sama dengan AS dalam ‘Tempest’”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s