Kapal Perang Rusia Pernah Kejar Kapal Selam AS Selama Berjam-jam

Kapal perang Rusia Admiral Essen (Sputnik)
Kapal perang Rusia Admiral Essen. (Sputnik)

Sebuah kapal perang Rusia yang beroperasi di Mediterania pernah mengejar kapal selam bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) selama beberapa jam dalam misi rahasia. Insiden itu terjadi pada April lalu saat AS, Inggris, dan Prancis membombardir Suriah.

Sumber Angkatan Laut Moskow mengatakan, kapal perang Admiral Essen dari Armada Laut Hitam Rusia berhasil melacak salah satu kapal selam kelas Ohio milik Angkatan Laut AS. Laporan itu pertama kali diungkap surat kabar Izvestia pada hari Jumat (10/08/2018).

Dilansir dari laman Sindonews (11/ 08), Kapal perang Moskow itu meninggalkan Sevastopol, pelabuhan utama Laut Hitam yang terletak di Semenanjung Crimea, pada 13 Maret dan kembali pada 30 Juni. Sebagian besar waktu dari tugas kapal perang itu dihabiskan di Laut Mediterania.

Sumber militer Moskow tersebut mengatakan waktu pengejaran terhadap kapal selam AS berlangsung lebih dari dua jam. Menurutnya, kapal Admiral Essen berhasil mencatat parameter dasar kapal selam AS.

Laporan Izvestia menyebut kapal selam AS yang diduga terlacak dan dikejar kapal Admiral Essen adalah USS Georgia, kapal selam bersenjata rudal jelajah.

Vladimir Ambartsumyan, yang pernah menjabat sebagai komandan sebuah brigade angkatan laut di Armada Utara Rusia, mengatakan kepada Izvestia bahwa pelacakan kapal selam AS seperti itu merupakan kesuksesan besar. “Kapal selam nuklir adalah objek yang kompleks untuk deteksi,” katanya.

Angkatan Laut Amerika Serikat sejauh ini belum berkomentar atas laporan tersebut.

Menurut data militer AS, kapal selam kelas Ohio dipersenjatai dengan rudal taktis dan dilengkapi dengan kemampuan komunikasi yang unggul. Kapal selam ini mampu meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari platform rahasia. Kapal itu juga mampu meluncurkan serangan rudal dan mendukung misi Pasukan Operasi Khusus (SOF).

Sedangkan kapal perang Admiral Essen, yang membawa delapan rudal jelajah Kalibr yang diluncurkan secara vertikal, adalah salah satu kapal perang paling modern Rusia. Kapal ini dikerahkan untuk menyerang target kelompok ISIS (Islamic State) selama operasi Rusia di Suriah pada tahun 2017.

Kapal Amiral Essen tercatat pernah berhasil menyerang pusat komando dan kontrol ISIS, serta depot amunisi di Suriah pada beberapa kesempatan.

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Kapal Perang Rusia Pernah Kejar Kapal Selam AS Selama Berjam-jam”

  1. Baru tau kalo diturki, menantu pun jadi menkeu…pantas saja ekonominya pun turut “keringatan”, hhh

    Suka

  2. Halah mbah… hla ndek biyen, rikolo lagi gayeng2e ISIS nyolong minyak saking Suriah – Irak, malah anake di tuduh dadi penadah… makane Turki niku rumit…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s