China Gelar Latihan Militer di Tiga Wilayah Perairan yang Berbeda

PLA Naval Vessels have shot down anti-ship missiles as part of missile-interception live-fire exercises in the East China Sea last week.
PLA Naval Vessels have shot down anti-ship missiles as part of missile-interception live-fire exercises in the East China Sea last week. (seawaves)

Militer China tengah meningkatkan kesiapan tempur maritimnya. Hal tersebut tampak dari tiga latihan militer angkatan laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang dilangsungkan di tiga lokasi yang berbeda dalam sepekan terakhir.

Dilansir dari laman Kompas (14/ 08), Komando Medan Perang Selatan, satu dari lima komando yang dibentuk Presiden Xi Jinping untuk menggambarkan lima lokasi strategis China, mengungkapkan bahwa armadanya baru-baru ini telah menggelar latihan perang.

Dalam tulisan di akun resmi media sosialnya, pada Senin (13/08/2018), komando itu mengatakan, armada fregatnya melakukan latihan tembak menembak dan simulasi serangan anti-kapal selam.

Tidak diungkapkan dengan jelas lokasi latihan yang dimaksud, namun komando tersebut memiliki wilayah kewenangan yang meliputi perairan Laut China Selatan yang disengketakan.

Sejumlah foto yang beredar di dunia maya menunjukkan setidaknya lima kapal fregat dan dua helikopter terlibat dalam latihan tersebut.

Pada Sabtu (11/08/2018), Xinhua melaporkan ada lebih dari 10 kapal perang dari tiga komando medan perang yang ambil bagian dalam latihan pertahanan udara dan misil secara besar-besaran di wilayah Laut China Timur.

Dilansir SCMP, dua kapal korvet, yakni Meizhou dan Tongren, menembakkan misil anti-serangan udara untuk mencegat sasaran musuh.

Dalam latihan militer tersebut turut dikerahkan kapal fregat misil kendali Jingzhou yang menjadi kapal komando yang mengumpulkan data penelitian dan pejabat militer.

Sementara latihan perang ketiga dilakukan di wilayah perairan Laut Kuning pada Jumat hingga Senin (10-13/8/2018), seperti dilaporkan Badan Keamanan Maritim China. Meski tidak memberi rincian lebih lanjut, namun latihan yang dilangsungkan selama empat hari itu digambarkan sebagai hal yang penting.

Para pengamat menduga latihan tersebut turut melibatkan kapal induk pertama yang dibangun di dalam negeri China, yang disebut Tipe 001A, karena berada dekat dengan pelabuhan asal Qingdao di provinsi Shandong di China timur.

Pengamat militer China menilai latihan yang digelar PLA dimaksudkan sebagai pertunjukkan kekuatan bagi AS dan juga pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan. “Latihan anti-udara dan anti-misil di Laut China Timur dimaksudkan untuk memastikan lingkungan yang aman bagi kapal induk China, yang berarti jet tempurnya akan siap untuk terbang lebih jauh di laut,” kata pengamat militer Song Zhongping.

“Ini mengirimkan sinyal yang sangat jelas kepada pasukan pro-kemerdekaan Taiwan dan menghalangi intervensi ke dalam urusan Taiwan oleh AS maupun Jepang,” lanjutnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “China Gelar Latihan Militer di Tiga Wilayah Perairan yang Berbeda”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s