Hibah KRI Tanjung Nusative oleh Mabes TNI AL kepada Pemkot Palembang

KRI Tanjung Nusative
KRI Tanjung Nusative (Antara)

Hibah KRI Tanjung Nusative oleh Markas Besar (Mabes) TNI AL kepada Pemkot Palembang belum bisa direalisasikan untuk home stay seperti yang direncanakan sebelumnya.

Pasalnya kapal perang ini sulit untuk bersandar di Sungai Musi, karena ukuran kapal ini cukup besar tidak sebanding dengan kedalaman Sungai Musi, sebagaimana dilansir dari laman Tribunnews (19/ 08).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, kemungkinan untuk mendaratkan kapal perang tersebut ke perairan Sungai Musi sulit dilakukan karena kapal berukuran besar tidak sebanding dengan kedalaman Sungai Musi.

Selain itu, untuk mendatangkan kapal tersebut dari Tanjung Priok ke Sungai Musi memerlukan dana cukup besar.

“Panjang kapal militer ini mencapai 144 meter dan lebar 23 meter ini. Sehingga rencana menjadikan kapal ini sebagai home stay tidak bisa terlaksana,” kata Isnaini, Sabtu (18/08/2018).

Selain itu, lanjut Isnaini, saat ini pihaknya telah mengkomunikasikan kepada para investor agar menjadi pengelola kapal perang yang sudah dihibahkan ini.

Berdasarkan kajian kapal perang ini sulit melintas, mengingat belum pernah kapal berukuran besar melewati Sungai Musi.

“Jadi, dalam waktu dekat mustahil mendaratkan kapal ini karena kita sedang mencari dana yang besar serta dimana kapal tersebut akan disandarkan itu juga masih dalam kajian kita, karena pasti dasar sungai juga akan dikeruk” ungkapnya.

Ia menambahkan, meskipun kapal tersebut tetap disandarkan di Sungai Musi tentu harus juga memerlukan perawatan khusus, lantaran menurut para ahli, setiap 10 tahun kapal harus di deg (perawatan menyeluruh).

“Untuk melakukan perawatan itu tempat yang paling dekat ialah Pulau Batam dan akan banyak menghabiskan dana. Sementara ini, dana yang ada lebih kita alihkan kepentingan yang ada didepan mata seperti menyukseskan event Asian Games 2018,” ujarnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s