PT Pindad Klaim Produknya Miliki Konten Lokal yang Tinggi

Pimpinan PT Pindad, Abraham Mose, mengklaim bahwa prototipe medium tank memiliki kandungan lokal yang tinggi, yang berasal dari komponen perangkat keras, sekitar 70 persen.

Pernyataan perusahaan datang setelah Presiden Joko Widodo baru-baru ini menginstruksikan penegakan kandungan konten lokal (TKDN) di berbagai sektor untuk mengurangi impor dan memicu investasi di industri substitusi impor, sebagaimana dilansir dari laman The Jakarta Post (20/ 08).

“Pindad mampu 100 persen dalam hal perangkat lunak [produknya]. Namun, di sisi perangkat keras, kami masih membutuhkan mesin impor,” kata Abraham di Bandung baru-baru ini.

Dia mengatakan prototipe tank, yang dikembangkan dengan perusahaan FNSS Defense Systems Inc. Turki, menunjukan proses panjang dalam pengembangan senjata domestik.

Prototipe medium tank ini memiliki berat 32 ton dan memiliki daya mesin 20 tenaga kuda. Tank memilki kecepatan maksimum 70 kilometer per jam.

Prototipe tank dapat menampung tiga orang yang terdiri dari seorang komandan, seorang penembak dan pengemudi. Dilengkapi dengan mekanisme autoloader dengan 12 peluru di turret dan 26 cadangan di lambung tank.

Untuk menyelesaikan proses sertifikasi, prototipe tank diatur untuk menjalani tes tembak di Pusat Pendidikan Infanteri di Cipatat, Bandung, dari 27-30 Agustus.

Sebelumnya, prototipe tank telah melewati tes ketahanan dan mobilitas.

Photo: Uji Daya Gerak Medium Tank di Pantai Setrojenar. (I News)

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “PT Pindad Klaim Produknya Miliki Konten Lokal yang Tinggi”

  1. Laos, kamboja, srilanka, bangladesh serta PNG dan Philipina bakal jd pasar potensial tank pindad. Krn harga yg murah, teknologi canggih dikelasnya, handal disegala medan tp tdk murahan….hehehe

    Suka

  2. yang kurang itu dari mesin sampai penggerak roda, kalau body, chasis kayaknya sudah, untuk turut udah kerja sama, amunisi juga sudah, rudal Anti tank masih belum, roda rantai sudah, interior sudah, software sudah, apakah TKDN sudah 70%?

    Suka

  3. Turetnya apa sudah bikin atau masih impor turet utuh dari CMI ?

    Kalo udah bisa bikin turet (walaupun dengan ijin lisensi dari CMI) udah lumayan tuh.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s