Gripen Angkatan Udara Swedia Jatuh

Gripen C D 2
Gripen (Istimewa)

Jet tempur Angkatan Udara Swedia jatuh di dekat pangkalan udara di Swedia selatan setelah menabrak beberapa burung saat hendak mendarat, kata Angkatan Bersenjata Swedia pada hari Selasa (21/ 08).

Dilansir dari laman New York Times (21/ 08), Pilot pesawat tempur JAS 39 Gripen membatalkan pendaratan dan melontarkan diri, kata Kolonel Lars Bergstrom, kepala Blekinge Air Force Wing dekat Ronneby di Swedia selatan.

“Pilot baik-baik saja,” kata Bergstrom pada konferensi pers, dia (pilot) dibawa ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan, tambahnya. “Kita bisa melihat semuanya dari menara kontrol.”

Tabrakan itu terjadi sekitar pukul 9.45 pagi (0745 GMT) utara Ronneby, dekat Karlskrona – 160 kilometer (99 mil) timur Malmo, kota terbesar ketiga di Swedia.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist mengatakan kepada kantor berita Swedia TT bahwa “pilot melakukan persis apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini.”

Otoritas Investigasi Kecelakaan Swedia akan menyelidiki kecelakaan pesawat single-engine yang dibangun oleh grup kedirgantaraan Saab Swedia ini.

Swedia telah menjual pesawat yang sama ke Republik Ceko, Hungaria, Afrika Selatan dan Thailand.

Tahun lalu, seorang pilot angkatan udara Thailand meninggal ketika jet JAS 39 Gripen-nya jatuh di sebuah pertunjukan udara di Thailand selatan setelah tiba-tiba kehilangan ketinggian dan jatuh dalam “bola api”.

Pada tahun 1993, sebuah jet tempur JAS turun di pusat kota Stockholm dekat jembatan yang ramai selama pertunjukan udara. Pilot itu terlempar ke tempat aman dan delapan penonton mengalami luka ringan.

Editor: (D.E.S)

Iklan

6 tanggapan untuk “Gripen Angkatan Udara Swedia Jatuh”

  1. Wadauw…kalo kesono itu sendalnya mbah suruh copot diluar ndak ya dek ivan, kan sendal mbah masih baru, hhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s