Koswar, Jet Tempur Baru Buatan Dalam Negeri Iran

Koswar Iran (Tasnim news agency)
Koswar Iran (Tasnim news agency)

Iran telah mengungkapkan apa yang diklaimnya sebagai jet tempur produksi dalam negeri baru di sebuah upacara di Teheran.

Pada hari Selasa, televisi pemerintah Iran menampilkan gambar Presiden Hassan Rouhani yang duduk di pesawat tempur “Kowsar”, menurut Kantor Berita Tasnim.

Dirancang dan diproduksi hanya oleh para ahli militer Iran, Towsar digambarkan sebagai jet tempur generasi keempat, yang mengelompokkannya di antara jet tempur yang beroperasi dari sekitar tahun 1980 hingga sekarang, sebagamana dilansir dari laman CNBC (21/ 08).

Sebaliknya, Lockheed Martin F-35 Lightning II, Lockheed Martin F-22 Raptor dan China Chengdu J-20 dianggap sebagai jet tempur generasi kelima karena kemampuan siluman yang ditingkatkan dan kekuatan komputasi.

Tasnim, mengutip laporan televisi negara, mengatakan jet tempur baru Iran telah sukses melalui uji coba penerbangan dan akan segera siap untuk melaksanakan misi dukungan jarak pendek.

Koswar Iran (Tasnim news agency) 1
Koswar Iran (Tasnim news agency)

Pesawat itu diresmikan menjelang Hari Industri Pertahanan Nasional Iran, yang akan diadakan Rabu. Militer Iran memiliki anggaran 2017 sebesar $ 14,1 miliar, atau 2,5 persen dari produk domestik bruto (PDB), menurut angka yang disediakan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI).

Negara ini telah mengembangkan industri senjata domestik karena sanksi internasional telah mencegahnya mengimpor senjata.

Kedatangan jet tempur itu juga dibarengi oleh komentar dari Menteri Pertahanan Amir Hatami pada hari Sabtu, yang mengatakan militer Iran telah memasang sistem senjata pertahanan buatan lokal di salah satu kapal perangnya untuk pertama kalinya.

“Prioritas utama kami adalah pengembangan program rudal kami. Kami berada dalam posisi yang bagus di bidang ini, tetapi kami perlu mengembangkannya,” kata Hatami sebagaimana dikutip oleh Fars News Agency.

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Koswar, Jet Tempur Baru Buatan Dalam Negeri Iran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s