DPR RI Melakukan Kunjungan Kerja ke Korea Selatan Bahas Perdagangan dan Pertahanan

Korea Selatan dianggap sebagai mitra terbaik Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari eratnya hubungan kerja sama antara kedua negara.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto saat kunjungan kerja ke Korea Selatan, Kamis, 23 Agustus 2018, sebagaimana dilansir dari laman Medcom (25/ 08).

Di sana, dia diterima langsung oleh Wakil Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Joo Seung Yong. Pertemuan berlangsung di National Assembly Yeongdeungpo, Seoul, Korea Selatan.

Agus mengatakan, pemerintah Indonesia sepenuhnya berkomitmen mendukung upaya Korea Selatan meningkatkan hubungan kedua negara. Terlebih, baru-baru ini kedua pemerintahan sepakat meningkatkan hubungan di bidang ekonomi transportasi industrialisasi dan pertahanan melalui perjanjian kemitraan strategis khusus. Kerja sama dikukuhkan pada pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Korea Selatan Moon jae-in di kota Bogor, November 2017.

Ketua Komisi X periode 2004-2009 itu menambahkan, komitmen tersebut nantinya akan diwujudkan dengan peningkatan volume perdagangan sebesar USD30 miliar pada 2022.

Saat ini, Korea Selatan merupakan investor asing terbesar ketiga di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2018, sekitar USD9.600. Total neraca perdagangan kedua tahun 2017 sekitar USD16 juta. “Dibandingkan tahun sebelumnya meningkat sekitar 10 persen pada kuartal pertama tahun 2018,” ujarnya.

Selain bidang perdagangan, kerja sama Indonesia-Korea Selatan juga semakin erat pada sektor pertahanan. Berdasarkan rapat paripurna beberapa waktu lalu, DPR RI telah menyetujui ratifikasi perjanjian kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Korea Selatan.

Perjanjian tersebut meliputi perluasan pertukaran personel, pertukaran material dan peralatan antar-militer Korea Selatan dan Indonesia, sekaligus membentuk komite kerja sama untuk menangani kegiatan tersebut.

“Persetujuan tersebut akan menjadi landasan bagi peningkatan kerja sama kedua negara dalam proyek pengembangan jet tempur generasi selanjutnya, KF-X dan IF-X,” kata adik ipar Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Kunjungan ke Korsel juga diikuti oleh Satya Widya Yudha (Wakil Ketua Komisi I F PG), Ahmad Sahroni (Anggota Komisi III F Nasdem), Diah Pitaloka(Anggota Komisi VII F PDIP), Nasir bahar (Anggota Komisi VI F PAN), Muhammad Nasyit Umar (Anggota Komisi IV F PD), Muhammad Afsal Mahfudz (Anggota Komisi II F PD), Sayed Abubakar Assegaf (Anggota Komisi III F PD).

Photo: Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto dan Wakil Ketua Majelis Nasional Republik Korea, Joo Seung Yong. (Dok.DPR) 

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “DPR RI Melakukan Kunjungan Kerja ke Korea Selatan Bahas Perdagangan dan Pertahanan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s