Senegal Minta Indonesia Bangun Salah Satu Pangkalan Militernya

Menteri Perencanaan Nasional Senegal Emergent Syeikh Kante mengatakan ketertarikan negaranya untuk menjalin kerja sama dengan Indonesia. Salah satu sektor yang diminatinya adalah pertahanan.

Dalam pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Senegal setidaknya meminta Indonesia untuk membangun salah satu pangkalan militernya, sebagaimana dilansir dari laman Kontan (28/ 08).

“Dia (Senegal) mau kerja sama dengan kita mulai dari pertahanan, karena dia lihat Indonesia itu sangat cocok dengan mereka. Makanya mereka ingin kasih kontrak-kontrak seperti pangkalan militernya (ke Indonesia),” jelas Luhut di kantornya , Selasa (28/ 08).

Adapun nilai dari kontrak tmitu mencaoai US$ 1,7 miliar. “Rencananya dari Indonesia PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) yang akan masuk ke sana,” tambah dia.

Tak hanya itu, Senegal juga meminati kapal-kapal buatan Indonesia. “Terus dia minta juga pelatihan di angkatan laut untuk mereka,” katanya.

Kemudian, Syeikh juga meminta Indonesia turut hadir dalam Konferensi Islam Internasional Afrika yang akan digelar di Senegal.

“Dia minta Indonesia jadi pembicara, mungkin nanti yang berangkat pak Airlangga (Menteri Perindustrian),” tutup Luhut.

Sementara di tempat terpisah Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia menyambut baik tawaran untuk dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek di Senegal.

Selain di bidang pertahanan, Syeikh juga menawarkan Indonesia agar dapat berperan aktif dalam berbagai proyek ekonomi di Senegal seperti bidang pertanian, infrastruktur, perumahan yang didasarkan pada kemitraan setara.

Sekadar tahu saja, hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Senegal menunjukkan tren positif dalam lima tahun terakhir dengan rata-rata pertumbuhan 11,38% per tahun. “Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Senegal mencapai US$ 98,54 juta pada 2017,” tambah Menlu.

Photo: Senegal’s Army General Amadou Kane, left, walks with U.S. Army Brigadier General Donald Bolduc during the inauguration of a military base near Dakar. (New Yorker)

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Senegal Minta Indonesia Bangun Salah Satu Pangkalan Militernya”

  1. Untuk bikin pangkalan bahan baku, kira kira hanya dari afrika, untuk tenaga ahli dan desain dari indonesia. Itu pra konstruksi perlu buat amdal dan perencanaan yg matang, kalau bikin pangkalan angkatan laut, berarti bagian survey hidros tni al dan kapal spica cs bakalan kesana buat survey.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s