Kapal Selam ‘USS Newport News’ Masuki Pelabuhan Gibraltar

US Sub Spotted near Mediterranean Amid Warnings of Staged Chem Attack in Syria – Al-Manar TV Lebanon
US Sub Spotted near Mediterranean Amid Warnings of Staged Chem Attack in Syria – Al-Manar TV Lebanon

Kapal selam USS Newport News, yang membawa rudal presisi Tomahawk, telah memasuki pelabuhan Gibraltar di pintu masuk Laut Mediterania.

Dilansir dari laman Tempo (1/ 8), Kedatangan kapal ini menyusul peringatan dari kementerian Pertahanan Rusia bahwa ada kelompok Helm Putih gadungan yang mengirim paket zat kimia beracun kepada kelompok militan di Provinsi Idlib, Suriah.

Militer Rusia menuding ada plot yang sedang berjalan untuk membuat serangan bom kimia oleh militan tapi disalahkan kepada militer Suriah untuk memicu terjadinya serangan rudal dari militer AS dan sekutu. Ini pernah terjadi pada April 2018.

“Media Gibraltar Chronicle melansir kapal selam canggih ini, yang dilengkapi dengan mesin nuklir, terlihat muncul di pelabuhan pada Kamis, 13 September 2018,” begitu dilansir Sputnik News pada Sabtu, 1 September 2018 waktu setempat.

Sebuah kapal Pertahanan Polisi Gibraltar sempat menghalau sebuah kapal berbendera spanyol yang mendekat ke kapal selam itu.

Kementerian Pertahanan AS menyebut, menurut Gibraltar Chronicle, kedatangan kapal selam ini untuk kunjungan logistik terjadwal.

Situasi di Suriah menegang sejak dua pekan terakhir setelah muncul berbagai spekulasi bahwa militer AS dan sekutu bakal kembali menyerang Suriah dengan rudal presisi seperti pada April 2018.

Media CNN melansir fasilitas produksi senjata kimia Suriah bakal menjadi sasaran tembak jika militer Suriah kembali menyerang warga sipil misalnya di Idlib dengan bom kimia seperti terjadi di Kota Douma pada awal tahun ini.

Serangan bom kimia di Douma menimbulkan banyak korban jiwa tapi militer Suriah dan Rusia membantah terlibat.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayor Jenderal Igor Konashenkov, mengatakan kapal penghancur USS The Sullivans, yang membawa 56 rudal presisi, tiba di Teluk Persia beberapa hari lalu.

Militer AS juga disebut telah menyiagakan pesawat pengebom US B-1B yang membawa 24 rudal presisi udara ke darat AGM-158 JASSM. Pesawat ini berbasis di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar.

Konashenkov menuding kelompok militan dari Tahrir al-Sham bersiap untuk melakukan serangan bom kimia ini di Provinsi Idlib untuk memicu serangan rudal presisi dari sekutu.

Idlib merupakan satu-satunya provinsi, yang terletak di kawasan utara Suriah, yang masih dikuasai kelompok pemberontak anti Presiden Bashar al-Assad.

Militer Suriah, yang bersekutu dengan Rusia, mengatakan kelompok Helm Putih gadungan telah menculik 44 anak-anak terkait kepentingan untuk membuat serangan jebakan menggunakan bom kimia untuk disalahkan kepada pasukan pemerintah.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Kapal Selam ‘USS Newport News’ Masuki Pelabuhan Gibraltar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s