Prancis Menuduh Rusia Berusaha Sadap Data Satelitnya

Satelit (RT)
Photo Ilustrasi: Satelit Rusia (RT)

Menteri Pertahanan Prancis, Florence Parly, menuduh Rusia berusaha menyadap komunikasi satelit negaranya. Dia mengatakan, tindakan itu Moskow itu sebagai aksi mata-mata atau spionase.

Menurut Parly, Moskow berusaha menyadap transmisi dan memata-matai sebuah satelit yang menyediakan komunikasi aman bagi militer Prancis tahun lalu, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (8/ 9).

Dalam pidato yang menguraikan kebijakan antariksa dan masalah keamanan Prancis, Parly mengatakan bahwa satelit Athena-Fidus, yang dioperasikan bersama oleh Prancis dan Italia, didekati oleh kendaraan antariksa Luch-Olymp Rusia. Kendaraan antariksa itu dikenal karena kapasitas pendengarannya yang canggih.

“Itu begitu dekat sehingga kami mungkin membayangkan itu mencoba untuk menyadap komunikasi kami,” katanya, seperti dikutip The Guardian, Sabtu (8/9/2018). “Mencoba untuk mendengarkan tetangga Anda bukan hanya tidak ramah, itu adalah tindakan spionase.”

Parly mengatakan para pejabat telah mengambil langkah-langkah yang tepat dan terus memantau satelit setelah aksi Luch-Olymp itu berlalu. Menurutnya, kendaraan antariksa Moskow bermanuver di dekat target lain juga.

Bulan lalu, Washington menuduh Moskow mengembangkan senjata anti-satelit dan menyebut perilakunya sangat tidak normal dari objek antariksa yang dikerahkan oleh Rusia Oktober lalu.

“Kami sangat menyadari bahwa pemain utama lainnya di ruang angkasa menyebarkan objek menarik ke orbit, bereksperimen dengan kemampuan ofensif, melakukan manuver yang tidak diragukan lagi untuk maksud agresif mereka,” kata Parly.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, diperkirakan akan menyusun rencana tahun depan untuk strategi pertahanan antariksa. Komite penasihat diharapkan membuat proposalnya pada November nanti.

“Kami berisiko; komunikasi kami, manuver militer kami dan operasi sehari-hari kami berisiko jika kami tidak bereaksi,” ujarnya.

Macron, yang bertemu Kanselir Jerman, Angela Merkel, di Marseille untuk membahas pemilu Eropa dan migrasi pada hari Jumat, tidak mengomentari tuduhan percobaan spionase yang dilakukan Rusia.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Prancis Menuduh Rusia Berusaha Sadap Data Satelitnya”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s