Pesawat Pengintai Rusia Hilang, Diduga Salah Tembak Rudal Suriah

Ilyushin Il-20M (2)
Ilyushin Il-20M (Istimewa)

Pesawat militer Rusia Ilyushin Il-20 hilang di atas Laut Mediterania, sekitar 35 kilometer dari pantai Suriah, Senin (17/ 09/ 2018) malam.

Dalam pernyataannya, Kementerian Pertahanan Rusia menyebut pesawat raib dari layar radar di waktu bersamaan dengan serangan rudal Israel dan Prancis ke Suriah. Pasukan Israel dan Prancis memborbardir Provinsi Latakia, dekat dengan pangkalan udara Hmeimim yang menjadi basis pasukan Rusia.

Dilansir dari laman I News (18/ 09), Pesawat pengintai elektronik yang mengangkut 14 tentara itu dilaporkan hilang sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

“Jejak dari radar kontrol penerbangan Il-20 menunjukkan pesawat hilang di waktu bersamaan dengan serangan empat pesawat tempur F-16 Israel ke fasilitas di Suriah di Provinsi Latakia,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip dari Reuters, Selasa (18/ 09/ 2018).

“Di saat bersamaan pula, sistem radar kontrol udara Rusia mendeteksi ada roket diluncurkan dari kapal perang Prancis Auvergne yang berada di wilayah itu.”

Sementara itu, seorang pejabat militer Amerika Serikat (AS) menduga, pesawat Il-20 terkena tembakan artileri dari pasukan Suriah alias salah sasaran. Rusia dan Suriah merupakan sekutu dalam memerangi pemberontak.

Nasib 14 tentara Rusia di dalam pesawat nahas itu belum diketahui. Operasi pencarian masih dilakukan dari pangkalan Hmeimim.

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Pesawat Pengintai Rusia Hilang, Diduga Salah Tembak Rudal Suriah”

  1. Dek dian kabarnya langit suriah kembali dibobol oleh 4 buah f-16 israel, padahal tiap jengkal ruang udara suriah sudah dijaga ketat oleh trio senjata pamungkas, hasil karya nan adiluhung rusia….idaman hati para pemujanya yaitu s-400, sukhoi-35 dan pantsyr.

    Bahkan sampe ada pesawat rusia yg ditembak jatuh oleh rekannya sendiri yaitu tentara suriah.

    Kali ini dimana salahnya ya dek dian….hhh

    Suka

  2. Belum ada kepastian siapa yg menembak.kok ente sudah memastikan pihak suriah yg melakukan.tunggu hasil tim investigasi aja.bakalan ngamuk si bear kalo sampe israel/prancis pelakunya.well…asas praduga tak bersalah harus kita junjung dlm kasus ini.

    Suka

  3. “….bakalan ngamuk si bear kalo sampe israel/prancis pelakunya.well…asas praduga tak bersalah harus kita junjung dlm kasus ini.”

    @the division

    Ente kalo komen belepotan dek, orang lain suruh menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah, sementara ente sendiri udah suudzon sama israel/perancis….tapi mbah maklum karena, literally ente udah mirip anak jaksel, which is kalo komen pake “well” segala…hhh

    Suka

  4. Gini, dari berita yang Kredible.
    Israel mau nyerang daerah Latkia dan memberitahu Rusia namun waktunya mepet hanya cuman 1 menit sebelum operasi menyebabkan itu pesawat seperti terjebak dan pas deket daerah operasi tsb pesawat itu sedang mengudara.
    padahal ada Perjanjian antara Russia dan Israel belum lama ini soal operasi supaya tidak terjadi salah paham dan salah terget…
    tapi waktu pemberitahuan yang mepet menyebabkan hal di atas terjadi (tertembak hanud Suriah karena di anggap Israel yang sedang nyerang)
    sekian, dan maaf kalo ada yg salah…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s