‘Friendly Fire’, Pesawat Il-20 Rusia Ditembak Jatuh S-200 Suriah

Sistem rudal pertahanan S-200 Suriah. REUTERS
Sistem rudal pertahanan S-200 Suriah. (REUTERS)

Insiden penembakan pesawat pengintai Il-20 militer Rusia oleh sistem rudal pertahanan S-200 Suriah ibarat senjata makan tuan. Pasalnya, baik sistem pertahanan maupun pesawat yang dihantam sama-sama buatan Soviet, negara yang kini menjadi Rusia.

Dilansir dari laman Sindonews (19/ 09), pesawat pengintai Il-20 militer Moskow ditembak jatuh oleh sistem rudal pertahanan Damaskus saat sistem rudal itu merespons serangan empat jet tempur F-16 Israel di Latakia pada Senin (17/9/2018) malam. Sebanyak 15 tentara yang ada di dalam pesawat Il-20 tewas.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menyalahkan militer Damaskus dan menganggap insiden itu sebagai “friendly fire“. Sebaliknya, militer Tel Aviv yang disalahkan.

“Kami melihat tindakan militer Israel sebagai musuh,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov kepada stasiun televisi pemerintah Rusia. “Akibat tindakan militer Israel yang tidak bertanggung jawab, 15 personel layanan (militer) Rusia tewas.”

Pesawat Ilyushin Il-20M adalah pesawat Il-18D yang dimodifikasi untuk penggunaan militer dan diproduksi antara 1969 dan 1976. Dijuluki “Coot” oleh NATO, Il-20M didukung oleh empat mesin turboprop dan memiliki kecepatan maksimum 373 mil per jam.

Pesawat ini memiliki radar yang tampak samping, kamera pengintai video, dan sistem pengumpulan intelijen elektronik Romb-4. Ini juga memiliki sistem analisis radar Kvadrat-2 dan sistem sinyal intelijen Vishnya untuk memantau transmisi radio.

Pesawat Il-20M tidak memiliki fitur perlindungan diri untuk melindunginya dari rudal yang mengarah kepadanya.

Pesawat Il-20M terbang di atas Mediterania timur pada saat serangan itu terjadi. Mengingat kemampuannya, kemungkinan Coot sedang melakukan pengawasan terhadap kapal perang NATO di daerah tersebut menggunakan sistem Kvadrat-2 untuk mengambil emisi radar untuk analisis. Kemungkinan lain, pesawat itu mencoba untuk mengambil transmisi radio di antara kapal-kapal armada NATO.

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “‘Friendly Fire’, Pesawat Il-20 Rusia Ditembak Jatuh S-200 Suriah”

  1. Eitss…ente nguping dimana dek, hhh

    Btw, dek dian istilah “friendly fire” tuh maksutnya gimana seh….kalo ditembak sama temen sendiri, pastinya enggak sakit kan, cuma pelan ato nyerempet aja, hhh

    Namanya juga temen….ya kan

    Suka

  2. apaan lah sampean tu giman sih mbah..jangan gitu dung..sampean minta diskon . begitu udah selesai..gimana saya g mumet coba..g di kasih bikin cape doang..di kasih bikin lemes juga. hihhihihi

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s