Ini Prospek PT Pindad Berikutnya

PT Pindad (Persero) baru saja merampungkan pembuatan purwarupa medium tank. Sebelum bisa diproduksi massal, tank teranyar buatan Pindad tersebut menjalani uji tembak pada 27 Agustus 2018.

Dilansir dari laman Ayo Bandung (16/ 08), Direktur Utama PT Pindad, Abraham Mose mengatakan tank merupakan kendaraan tempur yang cukup menjanjikan dari sisi bisnis selain menambah kekuatan tempur TNI karena tank AMX akan dipensiunkan.

“Medium tank ini akan kami tingkatkan untuk mengganti (AMX),” tutur Abraham, Kamis (16/ 08/ 2018).

Kesuksesaan membuat medium tank tidak menghentikannya untuk berinovasi. Namun semangat untuk kembali membuat kendaraan tempur berat terus berkobar.

“Setelah ini kami akan menggarap tank 8X8,” ungkapnya.

Medium Tank - Arah Pengembangan Ranpur (JMP)
Medium Tank – Arah Pengembangan Ranpur (JMP)

Selain itu, pengembangan varian akan terus dilakukan. Dalam hal ini, Abraham mengungkapkan salah satu yang akan menjadi pengembangannya adalah membuat tank listrik.

“Selama ini transmisi dan mesin yang digunakan masih konvensional. Masih menggunakan bahan bakar, kedepan kami akan mengembangkan transmisi dan mesin elektrik. Sangat memungkinkan, kapal selam saja sudah ada yang menggunakan listrik, kenapa tank tidak bisa?” imbuhnya.

Salah satu yang menjadi kendala dalam membuat tank berbahan bakar listrik adalah terletak pada bagian power suply. Abraham menyebut, saat ini yang menjadi keterbatasan dalam pengembangan mesin dan transmisi eletrik adalah baterai.

“Tapi dalam lima tahun kedepan, teknologi batre akan maju begitu pesat. Masalah batre ini kemungkinan tidak akan menjadi kendala lagi,” tutupnya.

Photo: Pandur II 8×8 di PT Pindad (defence.pk)

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Ini Prospek PT Pindad Berikutnya”

  1. Ayo dong pindad jangan mau kalah sama negara tetangga. Singapura ada terrex, malay udah ada gempita av8, thailand lagi ngembangin panser DTI.
    Semuanya 8×8 dan amfibi

    Oiya anoa amphibious yang dinaikin jokowi baling-balingnya segede gaban gimana tuh kelanjutannya???

    Suka

  2. Wehh diam-diam afsel sudah sejak lama mengembangkan ranpur beroda 8×8 (rooikat) yg bertenaga elektrik…benar-benar senyap coy, hhh

    Suka

  3. 8×8 join sama fnss lagi aja, mereka punya pars 8×8 dan kelihatannya juga bagus, lincah armor tebal persenjataan lengkap. Tinggal dipindadnya yg ngakalin biar bisa amphibi.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s