Rusia Pasok S-300 ke Suriah

Rusia memutuskan akan memasok sistem rudal S-300 kepada rezim Suriah dalam dua minggu ke depan. Keputusan yang pernah ditentang Israel ini diambil Moskow setelah pesawat mata-matanya, Il-20, ditembak jatuh sistem rudal S-200 Damaskus ketika merespons serangan empat jet tempur F-16 Angkatan Udara Israel.

Dilansir dari laman Sindonews (24/ 09), Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, pada hari Senin (24/09/2018) mengumumkan keputusan Moskow tersebut.

Senjata terbaru bagi rezim Suriah itu akan meningkatkan kemampuan tempur pasukan pertahanan Presiden Bashar Al-Assad terhadap setiap serangan musuh.

Shoigu mengungkapkan Moskow pernah menghentikan pengiriman S-300 ke Damaskus pada tahun 2013 atas permintaan Israel. “Tetapi situasi di seputar pasokan itu telah berubah bukan karena kesalahan Rusia,” katanya.

Sistem, yang memiliki jangkauan 250 kilometer dan dapat melibatkan beberapa target udara, akan dikerahkan untuk meningkatkan keamanan tentara Rusia yang ditugaskan di Suriah.

Selain itu, peralatan otomatis yang disediakan oleh Moskow itu akan memastikan identifikasi pesawat Rusia oleh pasukan pertahanan udara Suriah.

“Jika tindakan yang diambil oleh Rusia setelah insiden Il-20 di Mediterania gagal mendinginkan ‘pemarah’, kita harus merespons sesuai dengan situasi,” ujar Shoigu.

Pada hari Minggu Kementerian Pertahanan Rusia menyajikan data menit-demi-menit dari tragedi jatuhnya pesawat Il-20 di Suriah pada 17 September 2018.

“Kesalahan atas insiden itu, di mana 15 tentara Rusia terbunuh, terletak sepenuhnya pada Angkatan Udara Israel,” kata Kementerian itu.

Data radar dan komunikasi yang sebelumnya dirahasiakan menunjukkan bahwa pesawat Moskow itu ditembak jatuh oleh sistem rudal pertahanan udara Suriah ketika jet tempur F-16 AU Israel secara efektif menggunakan pesawat Il-20 sebagai perisai selama serangan berlangsung.

Namun, Israel tetap menolak disalahkan.

“IAF (Angkatan Udara Israel) tidak bersembunyi di balik pesawat apapun dan … pesawat Israel berada di wilayah udara Israel pada saat jatuhnya pesawat Rusia,” kata Pasukan Pertahanan Israel (IDF) melalui Twitter yang dikutip dari akun resminya, @IDFSpokesperson, semalam.

“Mekanisme deconfliction (dengan pasukan Rusia) beroperasi dalam jangka waktu yang relevan,” lanjut IDF.

Photo: S-300 (Istimewa)

Editor: (D.E.S)

Iklan

12 tanggapan untuk “Rusia Pasok S-300 ke Suriah”

  1. Ane mau liat abis ini…brani kagak,jet2 IDF wara-wiri lgi di langit suriah selatan.tpi harus kita akui…IAF memang cerdik memanfaatkan sikon yg ada di lapangan/pertempuran.tpi …masa iya rusia sampe harus mengorbankan IL-20 beserta 15 crew-nya untuk legitimate pengiriman S-300 ini ke suriah.

    Disukai oleh 1 orang

  2. @mblegedes mau nembak dari wilayah Israel sekalipun bakalan terjangkau… bahkan sebelum pesawat tempur Israel bisa melakukan persiapan tempur bakalan terlacak aktivitasnya…

    Suka

  3. Yang paling rumit bagi Israel adalah, sebelumnya mereka tidak akan terpantau aktivitas pesawat tempur mereka, sekarang kemungkinan besar, baru take off pun bakalan ketahuan, dan jelas early warning akan membuat serangan Israel semakin bisa di antisipasi, bahkan mungkin pespur mereka dalam ancaman serius karena akan terlacak dan dalam jangkauan…
    Israel pernah menjajal S-300 yunani, dan sepertinya mereka tidak mendapatkan cara untuk menghadapinya sehingga mereka selalu melobi Russia untuk tidak mengirimkan S-300 baik kepada Suriah maupun Iran

    Suka

  4. Ya betul dek yuli, pesawat israel baru take off pun bakal langsung terdeteksi oleh suriah….selama bumi itu datar, tidak bundar toh, hhh

    Suka

  5. Akhirnya mata rusia terbuka juga, bangsa yahudi jangan đi jadi in temen atau sekutu. Bangsat israhell licik penuh tipu daya, bàngsa sombong menganggap bangsa yang paling đi sayang Allah dân paling pinter. #go to hell jewish nation

    Suka

  6. Iya dek hendra, tapi rusia juga seneng kok kalo israel nggebug kekuatan afiliasine iran sing beroperasi di suriah….yg notabene adalah rival rusia disana, hhh

    Ruwet dek, banyak yg bermain di wilayah abu-abu disono…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s