China Kesal AS Jual Suku Cadang Pesawat Tempur ke Taiwan

F-16 Taiwan (War Is Boring)
F-16 Taiwan (War Is Boring)

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) telah menyetujui penjualan suku cadang untuk pesawat tempur F-16 dan pesawat militer lainnya senilai hingga USD330 juta ke Taiwan.

Dilansir dari laman Akurat (25/ 09), Penjualan suku cadang militer AS ke Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya, telah memperburuk hubungan antara dua ekonomi terbesar dunia.

China sangat curiga terhadap niat AS terhadap Taiwan, yang dilengkapi dengan persenjataan buatan AS dan serta niat Washington menjual peralatan yang lebih canggih, termasuk jet tempur baru.

“Penjualan yang diusulkan ini akan berkontribusi pada kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan dan kemampuan defensif penerima, yang telah dan terus menjadi kekuatan penting untuk stabilitas politik, keseimbangan militer, dan kemajuan ekonomi. di kawasan itu, ”kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Pentagon.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa, Kantor Kepresidenan Taiwan berterima kasih kepada Amerika Serikat atas dukungannya dan mengatakan pulau itu akan terus “tetap dalam komunikasi dan kerjasama yang erat” dengan Washington untuk masalah keamanan.

Penjualan yang senilai USD330 juta mencakup suku cadang untuk “F-16, C-130, F-5, Indigenous Defence Fighter (IDF), semua sistem pesawat terbang dan subsistem lainnya, dan elemen terkait lainnya seperti logistik dan dukungan program,” kata Pentagon.

Pentagon mengatakan penjualan tersebut diperlukan untuk mempertahankan “armada pertahanan dan udara” Taiwan, dan hal ini tidak akan mengganggu stabilitas kawasan tersebut.

Sebelumnya China telah mengancam AS soal bantuan militer-nya ke Taiwan .

Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada Menteri Pertahanan AS Jim Mattis selama kunjungan ke Beijing pada bulan Juni bahwa Beijing berkomitmen untuk perdamaian, tetapi tidak dapat melepaskan “bahkan satu inci” wilayah yang ada di teritorial China.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “China Kesal AS Jual Suku Cadang Pesawat Tempur ke Taiwan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s