Pertama Kalinya, F-35B AS Jatuh

Sebuah jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) dilaporkan jatuh di Carolina Selatan.

Dilansir dari laman Kompas (29/ 09), varian jet tempur F-35B itu jatuh di Beaufort County, dekat Pangkalan Korps Marinir Beaufort.

Korps Marinir dalam keterangan resmi menyatakan pilot berhasil selamat setelah kursi pelontarnya bekerja, dan saat ini tengah diperiksa tim medis. Pesawat itu berasal dari Skuadron Latih Tempur Marinir 501.

“Tidak ada laporan adanya warga sipil cedera,” demikian penjelasan Marinir. Korps melanjutkan, mereka mengaku bahwa ini adalah kali pertama jet tempur itu terjatuh, dan saat ini dilakukan investigasi untuk mencari penyebabnya.

Kabar jatuhnya jet tempur F-35B terjadi setelah Marinir mengumumkan telah mengerahkan pesawat generasi kelima itu dalam operasi militer sungguhan.

F-35 dikerahkan bersama pesawat lain dari kapal perang amfibi USS Essex untuk menggempur markas kelompok Taliban di Afghanistan.

Operasi sungguhan itu diumumkan AS empat bulan setelah Israel menyatakan telah menggunakan F-35 dalam serangan udara di suatu kawasan Timur Tengah.

Dikembangkan Lockheed Martin dan pertama kali terbang di 2006, jet tempur F-35 adalah progrram yang didesain untuk melayani Angkatan Udara, Angkatan laut, dan Marinir AS. Program yang bakal habis pada tahun 2070 mendatang itu dikatakan termahal karena total Washington harus mengeluarkan dana hingga 1.508 triliun dollar AS.

Harga pesawat tersebut mencapai 100 juta dollar AS, atau sekitar Rp 1,4 triliun per unit sebelum diturunkan jadi 89,2 juta dollar AS, Rp 1,3 triliun, menurut Kantor Berita Reuters.

Terdapat tiga varian F-35. Varian A untuk lepas landas secara konvensional, B dengan kemampuan mendarat vertikal, dan C diterbangkan dari kapal induk dengan sistem ketapel.

Pesawat itu menuai kritikan dari blog militer termuka pada tahun 2015. Dikatakan pesawat itu tidak mampu melakukan manuver.

F-35 tidak bisa mengalahkan F-16 Fighting Falcon dalam pertempuran jarak dekat. Pesawat itu juga mempunyai masalah soal keterbatasan pandangan pilot.

Photo: F-35B (Aviationist)

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Pertama Kalinya, F-35B AS Jatuh”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s