Inggris Berencana Kirim Tim dan Dana Rp39,1 M Untuk Gempa Palu-Donggala

C-17 Globemaster III Royal Air Force
C-17 Globemaster III | Royal Air Force

Inggris berencana mengirim tim ahli bantuan dan uang sebesar 2 juta pound sterling atau setara Rp39,1 miliar sebagai bantuan penanganan pascabencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Dilansir dari laman CNN (2/ 10), Kementerian Pembangunan Internasional (DfID) mengatakan lima pekerja kemanusiaan akan dikirim ke Jakarta sebelum bertolak ke Sulawesi.

Melalui kicauan di Twitter, Menteri Pembangunan Internasional Penny Mordaunt mengatakan Inggris mengungkapkan belasungkawa sedalam-dalamnya terhadap para korban terdampak gempa dan tsunami di Indonesia.

“Menyusul permintaan dari pemerintah Indonesia pagi ini, kami akan mengerahkan tim penasihat bantuan kemanusiaan yang akan menggunakan keahliannya dalam tanggap darurat bencana untuk membantu koordinasi tim Indonesia di lapangan,” kata Mordaunt.

“Saya telah menggelontorkan dana awal sebesar 2 juta poundsterling bantuan untuk memenuhi kebutuhan yang diperlukan para korban.”

Dikutip The Telegraph, pemerintah Inggris juga dilaporkan berencana mengerahkan sejumlah aset operasional lainnya ke Sulawesi Tengah untuk lebih jauh lagi membantu proses pemulihan. Angkatan Laut Inggris juga memiliki dua kapal perang di kawasan, sebuah helikopter, dan pesawat RAF C-17 yang bisa dimintai pertolongan.

Meski begitu, hingga kini belum jelas apakah pemerintah Inggris, yang bertindak sebagai penasihat kemanusiaan, akan bergerak dengan dukungan militernya sendiri atau dengan dukungan militer Indonesia.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s