PT PAL Mencari Peluang Pengadaan SSV, Kapal Kombatan, Kapal Selam Angkatan Laut Filipina

PT PAL meningkatkan keterlibatannya dengan Angkatan Laut Filipina (PN) dalam memenuhi persyaratan akusisi sealift, kapal kombatan dan kapal selam, ungkap seorang pejabat industri dari PT PAL.

Berbicara pada pameran Pertahanan dan Keamanan Asia (ADAS) 2018 di Manila yang berakhir pada 28 September, ia mengatakan bahwa pihaknya mengikuti program pengadaan dua unit Strategic Sealift Vessels (SSV) tambahan. PT PAL sedang menegosiasikan penjualan dua kapal tambahan dengan tipe yang sama, sebagaimana dilansir dari laman Jane (1/ 10).

Pejabat itu mengatakan kontrak untuk memasok dua unit SSV tersebut didasarkan pada Landing Platform Dock (LPD) kelas Makassar, yang beroperasi untuk Angkatan Laut Indonesia, dapat muncul pada tahun 2019 untuk memenuhi kebutuhan Angkatan Laut Filipina.

Pengadaan platform ini dimaksudkan untuk bantuan bencana dan kontra-pemberontakan (COIN). Nilai kontrak awal adalah USD92 juta.

PN juga telah menyatakan minatnya dalam pengadaan kapal cepat rudal KCR-60M milik PT PAL juga untuk mendukung operasi COIN, kata pejabat itu.

Jane memahami bahwa negosiasi atas pasokan dua KCR-60M awal terus berlanjut dan ini juga dapat menghasilkan peluang kontrak pada 2019.

Angkatan Laut Indonesia saat ini mengoperasikan tiga unit KCR-60M, dan yang keempat diharapkan akan segera ditugaskan .

Sementara program untuk memasok KCR-60M dan SSV tambahan dianggap sebagai target ekspor jangka pendek untuk PT PAL, kemungkinan kolaborasi pada kapal selam adalah tujuan jangka panjang, kata pejabat tersebut.

Dalam jangka pendek, PT PAL fokus untuk menyelesaikan pembangunan kapal selam ketiga kelas Nagapasa (Tipe 209/1400) Angkatan Laut Indonesia (TNI-AL), yang dikembangkan oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

Dua kapal selam pertama dalam program tersebut (dibangun oleh DSME), telah diserahkan kepada TNI-AL berdasarkan kontrak senilai USD1,1 miliar yang ditandatangani pada tahun 2011.

Photo: SSV Davao Del Sur (Fox News)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “PT PAL Mencari Peluang Pengadaan SSV, Kapal Kombatan, Kapal Selam Angkatan Laut Filipina”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s