Presentasi Perawatan Engine T-56 Hercules oleh PT GMF Aero Asia

Komandan Koharmatau Marsekal Muda TNI Dento Priyono memimpin presentasi  yang disampaikan oleh Direktur Base Maintenance Bapak Tazar  PT GMF Aero Asia  terkait perawatan Engine T-56. 

Dilansir dari laman TNI AU (4/ 10), Dalam presentasi ini dihadiri Wadan Koharmatau Marsekal  Pertama TNI  Hadi Suwito,S.E., Direktur Base Maintenance PT GMF Aero Asia, Bapak Tazar Marta Kurniawan, para Pejabat Koharmatau, Komandan Depohar 10, Komandan Depohar 30 dan para Pejabat terkait.

Kegiatan ini merupakan salah satu mata rantai dalam upaya melaksanakan peningkatan kinerja dan peningkatan pencapaian sasaran pelaksanaan tugas pemeliharaan alutsista TNI Angkatan Udara khususnya pemeliharaan Engine T-56.

Dalam sambutannya Komandan Koharmatau menyampaikan bahwa Kekuatan TNI AU secara prinsip berbasis pada alutsista dengan perumusan postur melalui penghitungan, pertimbangan geografis dan geostrategis.

Dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI dan menyangkut eksistensi negara, maka penambahan dan pemutakhiran alutsista udara sesuai dengan perkembangan teknologi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk direalisasikan. Kiranya hal ini sangat relevan dengan tugas Koharmatau dalam melaksanakan pemeliharaan dan produksi materiel TNI AU serta menyelenggarakan pembinaan peralatan bengkel, peralatan produksi dan publikasi teknik.

Dukungan yang diperankan oleh Koharmatau terhadap operasional alutsista udara, khususnya pada pesawat terbang angkut berat yang saat ini masih mengandalkan pesawat C-130 Hercules adalah memaksimalkan kesiapannya, termasuk dukungan pemeliharaan engine tipe T-56 Series  yang merupakan tugas dari Depo Pemeliharaan 30.

Pada bagian lain Direktur Base Maintenance PT GMF Aero Asia, Bapak Tazar Marta Kurniawan menyampaikan bahwa GMF menyambut baik program kerjasama antara TNI AU dan GMF terkait dalam pemeliharaan Engine T-56  milik TNI AU dan akan membantu secara optimal dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan pemeliharaan Engine T-56.

Hercules Mesin 022017 (IMF) E
Photo Ilustrasi: Mesin Hercules TNI AU (Istimewa)

Pada akhir sambutannya Komandan Koharmatau menyampaikan kondisi Engine T-56 pesawat C-130 Hercules saat ini:

Pertama: Depo Pemeliharaan 30 sebagai satuan pelaksana jajaran Koharmatau yang salah satu tugasnya adalah melaksanakan pemeliharaan engine T-56 Series, belum dapat memenuhi tuntutan produksi sesuai dengan kebutuhan operasional pesawat C-130 Hercules yang cukup tinggi dihadapkan dengan situasi pada 2 trouble spot secara bersamaan. Sasaran produksi yang harus dipenuhi belum dapat diwujudkan karena banyaknya penumpukan engine unserviceable,  keterbatasan SDM dan dukungan anggaran.

Kedua:   Melihat kondisi di lapangan dan data yang ada, terjadi penumpukan  engine unserviceable di Sathar 31 dan Sathar 33 Depohar 30 sebanyak 110 assy dalam kondisi disassembly  yang kemungkinan diakibatkan oleh missing maintenance.  Kondisi engine tersebut dapat dikategorikan sebagai berikut: Engine Unserviceable (U/S) Engine Beyond Economic Repair (BER), dan   Engine Uncomplete.

Photo: T-56 engine for C-130 Iraq 2003 (Wiki)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s