HUT TNI ke-73, Kibarkan Bendera Merah Putih di Karang Unarang

HUT TNI ke-73, Kibarkan Bendera Merah Putih di Karang Unarang

Sejumlah personel Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan bersama Tim Satgas Garda Nusa 2018, melaksanakan pergantian bendera merah putih di suar Karang Unarang, perairan perbatasan Indonesia-Malaysia, Sabtu (5/10).

Dilansir dari laman Prokal (8/ 10), Hal itu dilakukan guna mempertegas daerah tersebut adalah daerah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Itu dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-73. Armada yang terlibat yakni, KAL Ambalat I-13-45 dan 1 Unit Sea Rider.

Komandan Lanal Nunukan, Letkol Laut (P) M.Machri Mokoagow mengatakan, penggantian bendera Merah Putih di Suar Karang Unarang tersebut memang sengaja dilaksanakan bertepatan dengan moment HUT TNI Ke-73.

“Tentun tujuannya adalah untuk menimbulkan kebanggaan dan mengobarkan semangat juang para prajurit yg bertugas di perbatasan RI-Malaysia, baik yg bertugas di Satgas Garda Nusa 18 sebagai Satuan Tugas yang menjaga wilayah perbatasan laut maupun Satgas Gawi Manuntung 18 sebagai Satuan tugas yg menjaga wilayah perbatasan darat,” ungkap Machri.

Ia mengatakan, pihaknya akan selalu menegaskan teritorial di Perairan Karan Unarang , Ambalat Nunukan. Untuk itu, bendera merah putih harus selalu berkibar di menara suar yang dibangun di tapal batas tersebut.

Kata Machri, karang unarang adalah nama sebuah karang yang berada di Laut Sulawesi terletak sekitar 9 mil di sebelah tenggara Pulau Sebatik Periaran Indonesia pada koordinat 04°00′38″LU,118°04′58″BT. Pada awalnya karang unarang hanya muncul pada saat air laut surut. Saat air laut surut pada posisi terendah, ketinggian karang hanyalah mencapai 30 cm.

Pemerintah Indonesia kemudian membangun suar permanen di Karang Unarang terhitung mulai 21 Februari 2005 sampai 14 April 2005. Fondasi bangunan Mercusuar berukuran 45×45 meter dengan ketinggian 80 meter yang dapat dilihat dari jarak 10 Mil.

Renovasi terhadap suar Karang Unarang terus dilakukan. Pemugaran ke 2 pada pertengahan 2017, sekitar bulan Juni pernah kapal perang tentara laut Malaysia menurunkan 2 buah sekoci dari jarak 3 mil dari suar Karang Unarang yang sedang dilaksanakan perbaikan.

Beruntung kapal perang Indonesia mengawal proses renovasi suar tersebut. Dengan bergerak mendekat, 2 sekoci itu pun kembali pada kapal Malaysia dan pergi meninggalkan perairan suar Karang Unarang.

“Suar Karang Unarang di Perairan Ambalat Merupakan salah satu bukti Sejarah perjuangan TNI AL dalam mempertahankan dan menjaga Kedaulatan NKRI harga mati,” kata Machri.

“Dalam moment bersejarah ini, pelaksanaan pergantian bendera merah putih agar tetap merah dan putih berkibar kokoh di Perairan Perbatasan RI-Malaysia. Selanjutnya, dijadikan motivasi bagi prajurit yang berdinas lansung di perbatasan agar jiwa militansi dalam menjaga kedaulatan NKRI semakin bergelora,” tambah Machri.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “HUT TNI ke-73, Kibarkan Bendera Merah Putih di Karang Unarang”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s