Taiwan Berancana Buka MRO untuk Helikopter Apache

Taiwan ingin berkolaborasi dengan pemerintah AS untuk mengembangkan pusat pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul lokal (MRO) helikopter serang Boeing AH-64E Apache Guardian.

Dialnsir dari laman Janes (8/ 10), Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan (MND) mengatakan pada tanggal 7 Oktober bahwa sebuah pusat MRO lokal diperlukan untuk mengurangi biaya dalam mendukung helikopter. Taiwan membeli 30 Apache dari pemerintah AS pada tahun 2008 dengan nilai USD1,94 miliar. Batch terakhir disampaikan pada bulan Oktober 2014.

Dalam sebuah pernyataan, MND mengatakan masa garansi untuk helikopter telah habis masa berlakunya dan bahwa ia harus membayar biaya untuk komponen pengiriman yang memerlukan layanan kembali ke AS. Ia menambahkan bahwa MND akan “secara aktif mencari transfer teknologi” untuk mendukung pembentukan pusat perawatan independen di Taiwan untuk mengurangi biaya dan memastikan bahwa Apache dikelola dengan standar yang tinggi.

Pernyataan itu dikeluarkan sebagai tanggapan terhadap laporan berita di Taiwan bahwa MND menghadapi kenaikan biaya untuk mendukung operasi helikopter sebagai akibat dari garansi yang berakhir.

Mengutip sumber MND yang tidak teridentifikasi, laporan mengatakan bahwa biaya MRO pada tahun fiskal 2018 mencapai TWD320 juta (USD10,3 juta) tetapi biaya ini diperkirakan meningkat tiga kali lipat.

MND juga mengindikasikan bahwa pusat MRO yang diusulkan dapat diposisikan untuk mendukung helikopter Apache di seluruh wilayah. Operator regional lainnya termasuk Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, dan Singapura.

Tidak ada rincian lebih lanjut tentang pusat MRO yang diusulkan diberikan oleh MND Taiwan tetapi diperkirakan tertarik untuk mendukung pembentukan entitas yang mirip dengan fasilitas MRO Boeing di Arab Saudi. Entitas tersebut didirikan pada tahun 2017 bekerja sama dengan industri lokal dan mendukung helikopter komersial maupun militer termasuk AH-64 Apache dan helikopter angkat berat CH-47 Chinook.

Photo: Boeing AH-64E Apache Guardian – Taiwan – Army (Airliners)

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s