Amerika Bukukan Ekspor Senjata $55,6 Miliar, Naik 33 Persen

Juru bicara Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengatakan bahwa nilai penjualan perlengkapan militer AS kepada pemerintah asing naik sebanyak 33 persen menjadi $55,6 miliar atau sekitar 851.38 triliun rupiah (dengan kurs saat ini) pada tahun fiskal yang berakhir 30 September.

Dilansir dari laman VoA (10/ 10), Sebagian dari kenaikan itu karena strategi Presiden Donald Trump dalam program “beli barang Amerika.” Program itu melonggarkan aturan penjualan senjata buatan Amerika kepada negara lain dan mendorong pejabat AS untuk memperluas bisnis Amerika di luar negeri.

Bagian integral dari strategi itu ialah mengurangi birokrasi supaya negara lain bisa membeli perlengkapan yang lebih besar dan mematikan dari kontraktor militer AS.

Peraturan ekspor bagi perlengkapan mulai dari pesawat jet tempur dan drone sampai kapal perang dan artileri sudah diperlonggar.

Para pejabat pemerintahan Trump berargumen semua penjualan itu melindungi kepentingan AS dengan membuat negara sekutu makin tangguh dalam membela diri, hingga meminimalkan keterlibatan Amerika.

Beberapa perusahaan senjata terbesar AS, antara lain Boeing, Lockheed Martin, Raytheon, General Dynamics, dan Northrop Grumman.

Photo: Petugas pandu memandu drone atau pesawat tanpa awak MQ-9 Reaper milik Angkatan Udara AS di Lapangan Udara Kandahar, Afghanistan, 9 Maret 2016. (Reuters)

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Amerika Bukukan Ekspor Senjata $55,6 Miliar, Naik 33 Persen”

  1. Rusia yang turun,diembargo usa hhhh,hebat trump sekali tepuk 2 nyamuk tekapar

    Lebih hebat lagi cina..bs ngutangi bs dpt agunan bank bs buat lowongan kerja buat rakyatnya dan bs dapat daerah istimewa buat militernya

    Tapi saya tetep cinta indonesia kecuali pejabatnya

    Suka

  2. Makanya sering ngobarkan perang didaerah lain, karena dagangan yang menguntungkan amrik adalah alat perang, maklum dagangan yang biasa kalah bersaing dengan negara lain sih … 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s