Australia Ikut Kandangkan Armada Jet Tempur F-35

F-35 (USAF)
F-35 (USAF)

Australia mengandangkan seluruh armada jet tempur siluman F-35 mereka menyusul insiden jatuh dan hancurnya salah satu pesawat tempur andalan Amerika Serikat tersebut pada 28 September lalu.

Dilansir dari laman Tempo (13/ 10), Angkatan Udara Australia (RAAF) telah menerima pengiriman sembilan pesawat tempur F-35 dari produsen Lockheed Martin di Amerika Serikat, dan seluruh armada jet tempur itu diparkir di pangkalan pelatihan F-35 di Arizona, Amerika.

Australia adalah mitra global terbaru dalam program Joint Strike Fighter yang memerintahkan armada pesawat mereka tidak diterbangkan untuk sementara waktu sebagai tindakan pencegahan.

Korps Marinir AS memimpin tindakan serupa dengan lebih dahulu melarang terbang semua armada F-35 mereka setelah salah satu pesawatnya mengalami kegagalan mesin dan jatuh di South Carolina pada 28 September lalu.

Pilot penerbang di pesawat itu selamat setelah berhasil melontarkan diri, tetapi pesawatnya hancur berkeping-keping di tanah rawa dekat Beaufort.

Sejak peristiwa ini, Israel dan Inggris juga telah menghentikan operasi penerbangan F-35 mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Angkatan Pertahanan Australia menegaskan bahwa  seluruh armada F-35 telah diinstruksikan untuk menjalani inspeksi keselamatan di semua mesin yang dikirimkan”.

“Pesawat F-35 Australia yang saat ini berbasis di AS akan kembali beroperasi untuk diterbangkan begitu inspeksi keselamatan selesai,” kata ADF.

“Beberapa mitra internasional dalam Program F-35 sudah mulai terbang menyusul terbitnya hasil inspeksi mereka.”

Secara terpisah, sejumlah sumber senior di Departemen Pertahanan mengatakan kepada ABC bahwa mereka memperkirakan larangan terbang ini hanya bertahan satu atau dua hari dan seluruh armada F-35 milik Australia yang berjumlah sembilan pesawat akan segera kembali mengudara.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Australia Ikut Kandangkan Armada Jet Tempur F-35”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s