Patkor Indindo Resmi Dibuka

KRI Kapitan Patimura 371 (Tribun Batam)
KRI Kapitan Patimura 371 (Tribun Batam)

Patroli Terkoordinasi Indonesia dan India (Patkor Indindo) 32/18 secara resmi dibuka oleh Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmada I Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso dan dampingi dan Komandan Naval Component Commander, Andaman and Nicobar Command (NAVCC) Commodore Ashutosh Ridhorkar bertempat di Gedung R. Mulyadi Mako Lantamal I Belawan.

Dilansir dari laman TNI AL (12/ 10), Danguskamla Koarmada I dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan terlaksananya Patkor Indindo 32/18 ini betapa kita sadari akan pentingnya menjaga perairan regional dari berbagai aspek permasalahan yang muncul. Seperti kita ketahui bahwa laut mengandung berbagai segi kehidupan manusia. Perdagangan, tranportasi bahkan keamanan nasional.

Kenyataan bahwa wilayah Asia Pasifik merupakan pusat ekonomi dan bisnis. Hal ini yang menyebabkan wilayah ini sangat strategis, lebih dari 500 kapal dagang melewati wilayah ini khususnya Selat Malaka, beberapa negara berusaha memecahkan baik menangani sendiri atau bekerja sama dengan negara lain baik hubungan regional maupun multilateral untuk menjaga keamanan wilayah dari ancaman perompakan, pembajakan dan terorisme.

Di era globalisasi saat ini, permasalahan di laut semakin meluas dan membutuhkan pemecahan bersama. Kunci untuk mengatasi permasalahan ini adalah kerjasama dan salah satunya melalui Patkor Indindo. Dimana Angkatan Laut Indonesia bekerja sama dengan pemerintah India khususnya Angkatan Laut India melalui Patkor Indindo. Melalui Patkor Indindo kita dapat saling tukar pikiran dan mencari solusi terbaik mengatasi masalah keamanan dilaut lebih menyeluruh antara Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut India. Sehingga kedepan akan dapat tercipta kondisi yang stabil dan kondusif.

Pada pelaksanan Patkor Indindo 32/18 ini Unsur TNI Angkatan Laut dilibatkan adalah KRI PTM-371 dan Pesud CN 235 P-8301. Sedangkan dari Angkatan Laut India melibatkan kapal perang INS Kulish P-63. Unsur-unsur ini nanti akan melaksanakan patroli bersama dan terkoordinasi untuk menjaga dan mengawasi wilayah perairan kedua negara yang masing-masing.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Asintel Danlantamal I, Asops Danlantamal I, Asops Danguskamla Koarmada I, Dansatrol Lantamal I Selaku Dansatgas Indindo 32/18, Atase Pertahanan India, Komandan KRI PTM-371, Komandan INS Kulis P-63, Pilot CN 235 P-8301 dan Pilot serta Crew Dornier,

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s