Apron Lanud Anang Busra Tarakan Akan Diperluas, Pasukan Akan Ditambah

Perluasan apron sengaja dilakukan lantaran untuk menyediakan parkiran yang luas bagi pesawat tempur yang akan singgah ke Tarakan
Perluasan apron sengaja dilakukan lantaran untuk menyediakan parkiran yang luas bagi pesawat tempur yang akan singgah ke Tarakan. (Prokal)

Peningkatan dan pemenuhan kebutuhan Lanud Anang Busra Tarakan terus dilakukan. Rencananya dalam waktu dekat akan dilakukan perluasan apron untuk pesawat tempur.

Dikatakan Komandan Lanus Anang Busra, Kolonel Pnb Muhammad Arifin rencana perluasan apron Lanud bertipe B itu akan mulai dilakukan pada akhir tahun ini, sebagaimana dilansir dari laman Prokal (14/ 10).

“Untuk apron kita yang sekarang memang sudah besar, tapi kita akan perluas lagi ke arah kiri. Sebelumnya untuk depan dan belakang sudah kita lakukan perluasan,” ungkapnya.

Diakui Arifin, perluasan apron untuk pesawat tempur tersebut sengaja dilakukan lantaran untuk menyediakan parkiran yang luas bagi pesawat tempur yang akan singgah ke Tarakan.

Tidak hanya itu, letak Lanud Anang Busra yang berada di wilayah perbatasan utara yang berada dekat dengan negara tetangga, sehingga mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Bahkan, lanjutnya, usai perluasan apron dilakukan akan ada penambahan pasukan juga yang akan dilakukan guna untuk menambah pasukan yang ada, selain meningkatkan insfratruktur yang ada.

“Kalau untuk penambahan personel pasti akan dilakukan terus. Untuk saat ini jumlah personel kita ada 140, sementara lanud kita tipe B dan idealnya harus memiliki personel sebanyak 371. Jadi dari daftar jumlah personel kita masih kekurangan sebanyak 178 personel lagi,” beber pria yang berpangkat melati tiga itu.

Menurutnya, untuk ukuran Lanud sendiri tidak harus berpatokan dengan provinsi yang ada, namun dinilai dari kebutuhan negara. Lantaran Lanud Anang Busra berada di perbatasan maka memiliki peran besar dalam melindungi wilayah NKRI dari jalur udara. Untuk itu, kedepannya Lanud Anang Busra yang saat ini masih bertipe B, dipastikan akan dinaikkan tipe menjadi tipe A.

“Kalau tipe B itu hanya sebagai dukungan saja, dan hanya ada pesawat mobile yang standby diwaktu tertentu saja. Namun kalau sudah tipe A maka akan ada pesawat tempur yang akan menetap nanti,” tutupnya.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Apron Lanud Anang Busra Tarakan Akan Diperluas, Pasukan Akan Ditambah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s