Badai Michael Rusak Beberapa Unit F-22 Amerika Serikat

F-22 Raptor (AFP)
F-22 Raptor (AFP)

Badai Michael yang melanda Florida, Amerika Serikat (AS), pada 10 Oktober 2018 berdampak pada peralatan tempur di Pangkalan Angkatan Udara Tyndall.

Dilansir dari laman I News (15/ 10), Beberapa unit pesawat tempur siluman F-22 Raptors yang diparkir di hanggar rusak karena terendam banjir dan tertimpa material bangunan yang berterbangan akibat kuatnya tiupan angin badai kategori 4 tersebut.

Pangkalan Tydall mengalami kerusakan parah, beberapa hanggar sudah tak beratap lagi.

Pihak AU AS tak menyebut berapa unit jet tempur F-22 yang rusak. Pesawat-pesawat tempur canggih generasi kelima itu tak sempat diselamatkan karena sedang dalam perawatan dan alasan lain.

Padahal pesawat itu tak murah, satu unitnya senilai 150 juta dolar AS atau sekitar Rp2,3 triliun. Bahkan, jika biaya penelitian dan pengembangannya dimasukkan, nilai per unitnya membengkak menjadi 330 juta dolar atau sekitar Rp5 triliun.

“Ketika kami melewati pangkalan dan melihat kerusakan, jelas sekali bahwa kerusakan parah akibat badai terjadi di sini, terutama di sekitar jalur penerbangan Tyndall,” pejabat AU AS, Heather Wilson, dalam pernyataannya, dikutip dari AFP.

“Kami juga melihat ke setiap hangar lokasi tempat pesawat terbang yang ikut dihantam badai karena alasan pemeliharaan. Secara visual, mereka semua utuh dan lebih baik dari yang kami pikirkan dibanding kerusakan struktur di sekitarnya,” katanya, lagi.

Para ahli, lanjut dia, masih mengecek kondisi F-22 Raptors sebelum menentukan apakah pesawat yang rusak itu dapat diperbaiki kembali dan diterbangkan.

“Namun, kerusakan kurang dari tak seperti yang kami takutkan dan indikasi awal hasilnya menjanjikan,” ujarnya.

Badai Michael menyebabkan longsor tak jauh dari pangkalan pada Rabu lalu. Sejauh ini korban tewas akibat badai terparah yang menerjang Florida itu mencapai 18 orang dan banyak lainnya yang dinyatakan hilang.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Badai Michael Rusak Beberapa Unit F-22 Amerika Serikat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s