Pemerintah RI Renegosiasi Proyek Jet Tempur KF-X/ IF-X dengan Korea Selatan

Pemerintah Republik Indonesia (RI) melakukan renegosiasi proyek dengan pemerintah Korea Selatan terkait pengadaan Pesawat Jet tempur KF-X/ IF-X. Renegosiasi ini dilakukan mengingat kondisi global market dan mata uang Rupiah yang sedang tidak menentu.

Dilansir dari laman RRI (19/ 10), Menko Polhukam Wiranto memimpin rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tingkat menteri membahas tindak lanjut pengadaan Sukhoi SU-35 dan pengembangan jet tempur KF-X/ IF-X hari ini, Jumat (19/10/2018).

Rapat dilaksanakan di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Usai rapat, Wiranto mengatakan bahwa pemerintah Indonesia saat ini akan segera membentuk tim untuk melakukan renegosiasi dengan pemerintah Korea Selatan terkait pengadaan Jet tempur KF-X/ IF-X, pesawat semi siluman generasi 4.5.

Menurut Wiranto, renegosiasi ini dilakukan mengingat kondisi global market dan mata uang Rupiah yang sedang tidak menentu.

“Dengan kondisi ekonomi nasional, Presiden telah memutuskan bukan untuk membatalkan, tapi merenegosiasikan, renegotiate. Jadi kita negosiasikan ulang bagaimana posisi Indonesia bisa lebih ringan untuk masalah pembiayaan. Tentunya ini akan berdampak pada bagaimana agreement yang lalu yang sudah kita bicarakan. Presiden memerintahkan Menkopolhukam untuk mengetuai tim renegosiasi kepada Korea Selatan.” Jelas Menko Polhukam Wiranto.

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong menuturkan, bahwa renegosiasi ini dilakukan demi menghindari hal-hal negatif yang berdampak pada hubungan dan kerjasama antara kedua negara.

“Seperti Pak Menko bilang, kita tidak mau ada dampak negatif dari renegosasi ini, yang kemudian berdampak buruk pada sentimen investasi Korea ke Indonesia. Jadi ini salah satu tujuan utama tim negosiasi nanti, pertama bagaimana kita bisa menghemat devisa sementera ini terus kedua menjaga iklim investasi untuk investor Korea terus dengan rencana-rencananya untuk Indonesia.” Ujar Tom Lembong di kantor Kemenkopolhukam.

Tim renegosiasi ini akan dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Wiranto. Proses renegosiasi ini kini dalam tahap proses.

Seperti diketahui, Indonesia melakukan kerja sama dengan Korea Selatan dalam mengembangkan jet tempur KF-X/ IF-X, pesawat semi-siluman generasi 4.5.

Kerja sama pengembangan pesawat ini sebatas pada pengembangan pesawat hingga mencapai prototipe. Dari enam prototipe yang akan dihasilkan, satu prototipe akan diserahkan kepada Indonesia.

Photo: KF-X/ IF-X (kookbang)

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Pemerintah RI Renegosiasi Proyek Jet Tempur KF-X/ IF-X dengan Korea Selatan”

  1. Karna kagak Punya đứit tapi pengen bagi hasilnya50:50, padahal cuman naro modalnya 20 persen.pemerintah kita kalo nego Kayak ibu2 lagi nawar barang đi pasar.

    Suka

  2. Kongsi 20% aja belagu mau ini itu dsb. Ngaca napa-_- bisa ikutan program kfx-ifx aja harusnya udah bersyukur. Dasar negeri banyak mau :v

    Suka

  3. Sampeyan kok pada nyepeliin angka 20%…

    Jangan cuma dilihat 20%, tapi nilai 20% itu berapa trilyun….dan kalo semua pengorbanan yg berwujud baik uang trilyunan, waktu , usaha dan kesempatan itu dialokasikan untuk ngejar pencapaian proyek N-219, N-245 dan R-90, udah nguasain industri aviasi sektor komuter kita ini

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s