Indonesia Tidak Akan Membatalkan Akuisisi Jet Tempur Su-35

Indonesia tidak akan membatalkan kesepakatan akuisisi jet tempur Su-35 Rusia, meskipun ada sanksi terhadap Federasi Rusia. Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, mengatakan perihal tersebut kepada koresponden TASS dalam pertemuan (ADMM plus) di Singapura pada hari Sabtu.

Dilansir dari laman TASS (20/ 10), “Saya tidak akan pernah membatalkannya. Kami melanjutkan pelaksanaan kontrak,” katanya, menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan menangguhkan perjanjian karena sanksi Amerika.

Ryacudu juga mengatakan bahwa Jakarta mengharapkan untuk mendapatkan jet tempur Rusia sesegera mungkin, dan pengiriman akan dimulai setelah perjanjian terbaru antara beberapa departemen Indonesia selesai.

“Indonesia mengandalkan pengiriman awal jet tempur, kami tertarik dengan ini,” kepala departemen itu menekankan. Menurut dia, “pihak-pihak sudah mulai menerapkan perjanjian.”

Pada saat yang sama, “Saya harus menyelesaikan masalah koordinasi terakhir, menyelesaikan beberapa poin dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Perdagangan, ini terkait dengan prosedur untuk membayar kontrak,” kata kepala departemen. “Dari Kementerian Pertahanan, semua masalah telah diselesaikan,” tambahnya.

Penandatanganan kontrak dengan Indonesia untuk pasokan 11 jet tempur Su-35 diteken awal tahun ini. Negara ini telah menjadi pembeli kedua jet tempur bermesin ganda ini setelah China.

Namun, sebelumnya, surat kabar Kommersant, mengutip seorang sumber, mengatakan bahwa pengiriman Su-35 ke Indonesia ditunda karena tekanan dari Amerika Serikat di Jakarta. Menurut surat kabar itu, pesawat pertama seharusnya datang ke Indonesia pada bulan Oktober, tetapi ini tidak terjadi.

Photo: Su-35 (TASS)

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Indonesia Tidak Akan Membatalkan Akuisisi Jet Tempur Su-35”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s