USS Harry S Truman Masuk Arktik Pertama Kali sejak Perang Dingin Berakhir

USS Harry S. Truman (CVN 75) (Navy Times)
USS Harry S. Truman (CVN 75). (Navy Times)

USS Harry S Truman dan kelompok tempurnya memasuki Lingkaran Arktik untuk pertama kalinya sejak Perang Dingin berakhir. Kapal raksasa itu akan bergabung dengan latihan perang terbesar NATO, 25 Oktober hingga 7 November 2018.

Dilansir dari laman Sindonews (21/ 10), Angkatan Laut AS dalam sebuah pernyataan mengatakan kapal induk bertenaga nuklir USS Harry S Truman akan beroperasi di Laut Norwegia untuk menampilkan fleksibilitas dan ketangguhan pasukan AS.

Kapal tersebut terakhir kali muncul di dekat pantai Norwegia pada tahun 1987.

Komandan kapal tersebut, Kapten Nick Dienna, mengatakan USS Truman akan melakukan beragam latihan perang, termasuk mempraktikkan tinggal landas dan pendaratan jet tempur di atas deknya dalam kondisi cuaca buruk.

“Sudah lebih dari tiga dekade sejak maskapai penerbangan diuji oleh lingkungan ini,” kata Dienna, yang dikutip dari situs resmi Angkatan Laut AS.

Latihan perang terbesar NATO yang akan digelar diberi nama Trident Juncture 2018. Latihan tempur itu akan melibatkan lebih dari 50.000 tentara, 65 kapal dan sekitar 250 pesawat.

Manuver besar-besaran itu akan berlangsung dari Islandia dan perairan Norwegia timur hingga wilayah udara Swedia dan Finlandia.

Latihan itu terjadi di tengah meningkatnya militerisasi di Kutub Utara. Pentagon telah mengerahkan pasukan tambahan di Alaska dan meningkatkan latihan di sana.

Washington juga berencana menggandakan jumlah marinir yang ditempatkan di Norwegia. Tak mau kalah, Rusia juga memperkuat basis dan pos-posnya di sekitar wilayah tersebut.

Meskipun mengumpulkan sejumlah besar kekuatan angkatan laut di dekat perbatasan Rusia utara, para pejabat NATO bersikeras bahwa manuver itu murni bersifat defensif dan bukan merupakan ancaman bagi tetangga dekat blok militer tersebut.

“Kami tidak pernah mencari perkelahian, tetapi kami berkomitmen untuk mempertahankan diri dan mencegah (serangan),” kata komandan latihan perang, Laksamana James Foggo.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s