Belgia Putuskan Beli Jet Tempur F-35

Belgia dikabarkan telah memutuskan untuk membeli jet tempur F-35 besutan Lockheed Martin Amerika Serikat yang akan menggantikan armada F-16 yang sudah tua.

Dilansir dari laman Kompas (25/ 10), Keputusan tersebut sekaligus menutup peluang pembelian Eurofighter Typhoon buatan konsorsium Eropa.

Perdana Menteri Belgia, Charler Michel, mengumumkan keputusan pembelian F-35 pada Kamis (25/10/2018), bahwa proses penawaran telah dimulai sejak Maret 2017 lalu.

Saat itu, Belgia mengajukan penawaran kepada AS untuk membeli 34 unit jet tempur F-35 dengan harga sekitar 4,1 miliar dolar AS (sekitar Rp 62 triliun).

“Keputusan untuk membeli F-35 datang setelah Belgia juga membeli drone, kapal fregat, kapal penyapu ranjau dan kendaraan lapis baja, dalam batasan NATO dan pertahanan Eropa,” ujar Michel.

“Pesawat dan drone adalah buatan Amerika, sementara peralatan lainnya adalah buatan Eropa dan Belgia akan merasakan manfaat ekonomi,” tambahnya.

Belgia mengharapkan F-35 yang mereka beli sudah dapat beroperasi sepenuhnya dan menggantikan F-16 mereka pada 2023.

Menurut Jean-Dominique Giuliani, kepala dari organisasi think tank Eropa, Robert Schuman Foundation, keputusan Belgia yang memilih membeli F-35 dari AS daripada Eurofighter telah menjadi tamparan keras bagi pertahanan Eropa.

“Keputusan itu bukan pilihan Eropa dan lebih buruk dari sekadar tamparan bagi pertahanan Eropa,” kata Giuliani dilansir AFP.

Ditambahkannya, jet tempur F-35 akan membutuhkan pemeliharaan dan sistem operasional yang seluruhnya bergantung pada kendali AS.

Berdasarkan data dari Pentagon pada awal bulan ini, AS telah mengirimkan hingga 320 jet tempur F-35 ke seluruh dunia. Sebagian besar tetap berada di AS, namun lainnya telah dikirim ke Israel, Inggris, dan negara sekutu lainnya.

Photo: F-35 B (Aviationist)

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Belgia Putuskan Beli Jet Tempur F-35”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s