Kutai Timur Jadi Opsi Lokasi Uji Coba Peluncuran Roket

Kutai Timur menjadi salah satu opsi lokasi uji coba peluncuran roket pertahanan buatan dalam negeri. Tim dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI telah melakukan survei kelaikan lokasi di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon.

Dilansir dari laman Prokal (25/ 10), Kemenhan tengah melakukan pengembangan roket, sebagai salah satu program prioritas nasional dalam rangka melakukan kemandirian alat utama sistem senjata atau alutsista.

Roket yang tengah dikembangkan Litbang Kemenhan yakni R-Han atau Roket Pertahanan. Dalam pertemuan di Makodim 0909/Sangatta, kemarin (24/10), diketahui jika R-Han telah beberapa kali dilakukan uji coba.

Pertama pada 6 November 2010 di Baturaja, Lampung, dengan panjang roket 1,7 meter dan diameter 122 milimeter. Roket kedua panjang 2,8 meter dan diameter 122 milimeter, diuji coba pada 6 Maret 2014 di Garut, Jawa Barat.

Uji terbang Roket R-Han 122B di Landasan udara TNI AU, Cikelet, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, dilaksanakan tanggal 23 s.d 25 Oktober 2018 3

Kini, Kemenhan tengah melakukan penelitian lokasi latihan uji coba untuk roket generasi selanjutnya. Menurut keterangan Pujiantoro, ketua tim pemantau lokasi, pihaknya tahun ini telah mendatangi 6 lokus. Salah satunya Desa Sekerat.

“Kami akan mengidentifikasi lokasi atau wilayah yang dimungkinkan bisa digunakan untuk uji coba peluncuran. Ini baru tahap identifikasi. Kami memilih yang pas sesuai kriteria yang cocok,” ujar Pujiantoro.

Dirinya menambahkan dengan beberapa roket yang telah dikembagnkan dari kaliber 122 hingga 450, memiliki jarak tempuh yang cukup jauh. Oleh sebab itu, diperlukan cakupan wilayah minimal 2.500 hektare.

Sementara itu, Kasdim 0909/Sangatta Mayor Jon Young Saragi mengaku cukup bangga lantaran Kutim, menjadi salah satu lokasi yang ditunjuk oleh tim. Diakui, meski Sekerat merupakan daerah latihan militer, namun belum pernah untuk peluncuran roket. “Apabila Kutim terpilih merupakan suatu kebanggaan. Apalagi kita sebagai daerah yang berdekatan dengan wilayah perbatasan” kata Jon Young.

All photos: Uji terbang Roket R-Han 122B di Landasan udara TNI AU, Cikelet, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, dilaksanakan tanggal 23 s.d 25 Oktober 2018. (Kemhan)

Editor: (D.E.S)

Iklan

19 tanggapan untuk “Kutai Timur Jadi Opsi Lokasi Uji Coba Peluncuran Roket”

  1. ga lulus..lulus.. masih uji truss tu roket..
    kalah sama ormas Hamas Palestine

    masa bikin roket 15 tahun ga kelar..pat gulipat, lep nilep anggaran litbang (r&d) ga pernah selesai

    Suka

  2. Bukan…nggak lulus2 bray.parameter roket ini banyak yg harus diuji untuk mendapatkan kesempurnaan sebuah roket/misil.contoh kecil kyak semisal komponent fairing nggak maen pasang aja loe….posisinya/letaknya,ukurannya,bahan bakar roket isian ato takarannya semua ada ukuran & itung2annya.motor roket belum lgi nozelnya.lintasan tembak/azimuth nya.belom lgi teknologi pemandunya/seker nya.and many more….teknologi roket itu sangat kompleks apelagi tekno misil.wesss…bisa botak pale loe.

    Suka

  3. hamas, hizbulah libanon ga ada yg botak mikir roket.. yg bikin botak tu wani piro karo dewe’e olih opo..

    roket maenan tu jadul.. perang dunia II dh pake roket..itu artinya roket dh dirintis thn 1920-1930an.. kalo mank negara ini ga bisa bikin roket atawa misil..itu artine org indonesia koplak..kyk otak loe division

    Suka

  4. apa susahnya..bikin roket ataw misil..
    – seeker infra red tekno jadul…lah wong di remote tv, ac, jg brg elektronik rumah tangga dh pake infrared kabeh…
    – mau infra red yg lbh bagus..tinggal beli bekas jg oprek mesin rontgen rumah sakit.
    – gyrostabilizer dh byk dipasar gembrong..oprek tu pesawat remote control dr yang harga gocap sampe 15 juta ..
    – propelan bisa dibikin dari sari tebu/ jagung..jd dh rocket sugar ..
    masa otak loe division kalah sama otak tukang servis tv pinggir jalan..kesian sekolah tinggi otak kagak ada

    Suka

  5. ..kalo ente emang hebat.ya… udeh ente coba buat roket aja sendiri.ente presentasikan di depan menhan & para petinggi TNI.beres thoo…dri pada ente cman nyinyir aee…nggak da hasil.

    Suka

  6. Note:” apa susahnya bikin roket atau missil.”…bhahahaha….bocah sontoloyo iki.yach susah lah tong.nggak semudah bongkar pc loe dirumah.kalo rusak tinggal loe lepas soketnya ganti yg baru.siapa donatur persenjataan hamas & hizbollah…?…jangan2 loe kira isrohell lgi.semprulll…kalo ngomong seueeenakk udelnya.bocahhh…bocahhhh

    Suka

  7. kalo mank ga pny kompeten ya trima aja..
    otakmu kan otak birokrat..hal mudah dibikin sulit..pake istilah ilmiah biar kliatan mentereng..pdhl otak low brain.
    note : kalo litbang kemhan, litbang ad, litbang au, litbang al..pny proyek sama bikin roket/misil, knp ga dilebur jd satu itu 4 litbang. litbang kemhan+pt saribahari diproyek misil petir, litbang au+ugm diproyek misil pasopati, litbang al di rhan …dll..dll ..hasilnya cm roket maenan jg pesawat remote control..ups misil remote control..
    otakmu masih otak orde baru yg kental birokrat..’ wani piro & aku olih opo..’

    Suka

  8. Komentar ryo itu komentar abg labil

    Dikiranya roket yang hanya bisa mabur doang kali…yang ada di lomba untuk anak sma itu..

    Kalo hanya roket yg bisa mabur doang dan duar duer di udara saat tahun baru, itu pembuat kembang api juga bisa bikin.

    Setiap kali ada perubahan disain, ukuran dan komponen harus terus diuji…lihat hasilnya apa…direview dulu apa yg berhasil dan apa yg masih kurang, apa yg perlu ditingkatkan…trus didisain lagi, dibikin lagi trus diuji lagi dst.

    Disukai oleh 1 orang

  9. komen gw diatas ga pernah nyebut IRAN.
    hamas memang pny Tenaga Ahli Roket..salah satun tenaga ahlinya jd staff pengajar di perguruan tinggi malon dan tewas di tembak baru2ini.

    masa sih iran ngasi tekno ke hamas..??
    iran sendiri masih beli tu roket/misil..
    -iran klaim mampu bikin pespur..ga tau nya cm F5 di tambah Tail doang jd bentuk V
    – iran klaim mampu bikin tank..ga tau T72 rusia (d/h sovyet )
    – iran kalim bisa bikin roket/ misil..ga tau nya misil rapier, hawk, scud, hwasong, c802 jg dong feng…
    gw ketawa dl deh kl iran ngasi komponen ke hamas jg hizbullah..

    Disukai oleh 1 orang

  10. Memang rumangsamu gedean mana negara iran sama organisasi hamas….😪😪😪

    Penyokong hamas dan hizbullah yg terbesar siapa lagi kalo bukan iran to le….mikir 🤦🤦🤦

    Suka

  11. iran cm pakar propaganda tok .. ra luwih..kl pun iran memberi dukungan paling top ak 47 sama rpg 7..
    iran ngasi komponen roket ke hamas, houti, hizbullah..omong kosong. iran sama kyk malon..jago ganti stiker. jd senjata yg dipasok iran ke houti, hamas, jg hizbulah ya senjata buatan cina atau korut yg di ganti stiker nya buatan iran.

    balik ke sual komponen roket hamas disinyalir dr black market…memang black market buatan iran yo mbah..
    mbah ..mbah..sedunia tau iran keminter soal propanjanda kesengen si mbah

    Disukai oleh 1 orang

  12. jd inget perwira tinggi tni al yg mengkritik sby sbg presiden…” daripada membeli alutsista (kasel) ecek2, lebih baik uangnya buat beli beras untuk rakyat..”

    pesan moral pati tni al jelas..jgn membekali prajurit dengan senjata ecek2 sbb sama dengan mengantarkan nyawa prajurit dgn sia2..
    dan terbukti omongan pati tni al itu, dmn nyawa prajurit hilang sia2 di latgab natuna. senjata ecek2 giant bow buatan tiongkok memakan korban jiwa prajurit.

    note :
    kalo memang blm bisa buat secara mandiri roket/misil.. jgn maksa membuat. sbb nyawa prajurit yg jadi taruhannya

    Suka

  13. komentar bung ryo ada benarnya…mungkin juga masalah pengembangan roket/rudal belum terkoordinasi sehingga terkesan jalan sendiri. mungkin juga ada hal-hal lain dibelakangnya… mungkin juga–mungkin juga….hal yang mungkin juga sama terjadi di negara penguasa teknologi sehingga biaya pengembangan teknologi banyak yang gagal atau membengkak dan memakan banyak anggaran.
    tetapi bagaimanapun menurut saya kita tidak bisa hanya mengambil jalan pintas membeli. bagaimanapun kita harus mengembangankan/minimal menguasai ilmunya. inipun menurut saya sudah sangat terlambat.
    setidaknya komentar bung ryo bisa menjadi pendorong bagi pihak terkait untuk memacu diri/membuktikan bahwa kita bisa melangkah lebih jauh. saya sendiri menunggu ketika pada akhirnya roket-roket ini mulai dari 122, 250, 350 hingga 450 mulai dikombinasikan secara bertingkat dan rudal kita bisa dihasilkan.

    Suka

  14. “-mau infra red yg lbh bagus..tinggal beli bekas jg oprek mesin rontgen rumah sakit.”

    Cah pengung ning kemlinthi, si ryo ki….rontgen rumah sakit ki alat radiografi, ora nganggo infra red dul, ck, ck, ck

    Tak kiro mudeng tenan….jebul 🤦🤦🤦

    Disukai oleh 1 orang

  15. Yo kui mbah, si ryo ki rak isik abg labil, ketok saka jawabane sing pertama ngomong gak lulus lulus kui lho ketoro nek bocah iki ora mudheng babar blas bab aerodinamika lan gravitasi nanging sok keminter, nek bocah iki mlebu lapan iso dibuli karo seniore merga kemlinthi nanging bujel uteke.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s